oleh

Dikawal Polisi dan Tentara, Pemdes Banglas Salurkan Bantuan Bahan Pangan

MERANTI – Pemerintah Desa Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti, mulai Rabu 6 Mei 2020 telah menyalurkan bantuan bahan pangan bagi warga rumah tangga miskin yang terdampak pembatasan sosial wabah virus corona atau COVID-19 dengan kawalan petugas Polisi dan Tentara.

Kepala Desa Banglas yang juga selaku Ketua Tim Relawan Cegah COVID-19 Desa Banglas, Samsurizal, SH, mengungkapkan, bantuan yang disalurkan pada tahap pertama itu merupakan beberapa item bahan pangan yang dana pengadaannya berasal dari APBD Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Sementara bantuan yang telah tersedia dan sudah mulai disalurkan di Desa Banglas adalah bahan pangan dari APBD Kabupaten Kepulauan Meranti untuk 347 Kepala Keluarga RTM. Selanjutnya akan menyusul untuk Kepala Keluarga lainnya dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai dari Alokasi Dana Desa, Dana Desa, APBD Provinsi dan Kemensos,” ujarnya didampingi Sekretaris Tim, Susanto Sudarmo, SE.

Samsurizal mengatakan, nama nama para penerima bantuan itu merupakan hasil pendataan yang dilakukan oleh para Ketua Rukun Tetangga (RT). Setelah data terkumpul, dilakukan validasi di tingkat Dusun, Desa dan Pemerintah Kecamatan.

“Tujuan validasi untuk memastikan kelayakan penerima dan tidak terjadi tumpang tindih nama penerima dari sumber bantuan yang sama. Sehingga jumlah Kepala Keluarga yang dapat dibantu di Desa Banglas bisa lebih banyak, walaupun jumlahnya masih sangat terbatas,” kata Kepala Desa.

Adapun item bantuan bahan pangan yang disalurkan untuk masing-masing 347 Kepala Keluarga RTM, yakni 28 kilogram beras, telur satu papan, gula 3 kilogram, 1 kaleng Sarden merek J & Y Mackerel, Minyak Goreng merek Kuwali dan 1 dus Mie Instan merek Sedaap.

“Bahan makanan itu sudah sampai di Kantor Desa Banglas sejak Selasa malam 5 Mei 2020 kemarin, dimana seluruh Tim Relawan Cegah COVID-19 Desa Banglas yang bergotong royong mengangkat dan menyusunnya di Kantor Desa,” kata Samsurizal.

Begitu pula saat penyaluran, lanjut Kades, para Ketua RT, RW dan Kepala Dusun turut didampingi oleh unsur tim lainnya, antara lain Bhabinkamtibmas Desa Banglas Brigadir T Josman Siboro, Babinsa Serda Didi Prasetia dan personel Polsek Tebing Tinggi Bripda Wahyu.

“Alhamdulillah berjalan lancar dan setelah penyaluran kita lakukan rapat evaluasi di Kantor Desa,” jelas Kades Banglas Samsurizal. (rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

loading...

News Feed