oleh

Damris S.Pd: Kemajuan Teknologi, Dukung Pendidikan Anak Didik

SIAK,Mandiripos.com-Pesatnya kemajuan teknologi saat ini, secara langsung atau tidak memberikan warna tersendiri bagi dunia pendidikan. Kemajuan teknologi di dunia digital seperti internet, seolah membuka batasan antara pengetahuan dan teknologi seolah sejalan seiring dalam membuka cakrawala bagi dunia pendidikan.

Sejumlah ilmu pengetahuan yang ada di mesin pencari seperti google, membantu sejumlah guru dan juga siswa-siswi sekolah mencari sumber ilmu pengetahuan dan juga rujukan. Dan hal ini juga menjadi peran serta dari kemajuan teknologi yang harus diikuti oleh guru-guru dan juga siswa-siswi di sekolah.

Hal ini seperti apa yang dijelaskan oleh Ketua KKKS SD Kecamatan Kandis Kabupaten Siak, yang juga merupakan Kepala SDN 09 Simpang Belutu Damris S.Pd kepada media ini beberapa waktu lalu.

“Ya benar, sekarang ini guru-guru harus bisa mengerti dan bahkan bisa memanfaatkan teknologi sebagai penunjang pendidikan dalam mereka menyampaikan materi pendidikan mereka kepada anak didik di sekolah. Nah begitu juga sebaliknya, siswa-siswi yang ingin menambah pengetahuan mereka di Internet pun tentunya bisa. Tapi tak terlepas dari pengawasan oleh orang tua mereka dirumah,”katanya.

Damris menambahkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg Dalam G. Gunawan (2009) dalam Sudibyo (2011), dengan berkembangnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi maka ada 5 pergeseran dalam pembelajaran.

“Kelima pergeseran pembelajaran tersebut yaitu: 1) dari pelatihan ke penampilan, 2) dari ruang kelas ke dimana dan kapan saja 3) dari kelas ke “on-line” atau saluran, 4) dari fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, 5) dari waktu siklus ke waktu nyata,”imbuhnya.

Berdiri pada intinya adalah, bahwa setiap guru dan juga siswa-siswi harus siap dan melek terhadap kemajuan teknologi dalam upaya mendukung pembelajaran tersebut.(BN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

loading...

News Feed