Rakernas JKPI Semarang, Siak Tampilkan Produk UMKM dan Kesenian


SIAK- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-X Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) digelar pada 22-26 Agustus 2023 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kabupaten Siak sendiri merupakan anggota dari 73 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang tergabung di JKPI yang memiliki pusaka alam dan pusaka budaya untuk dilestarikan.

Selain rapat kerja, daerah-daerah yang mengelola atau memiliki kawasan bersejarah dan kota pusaka itu akan menampilkan kebudayaan khas masing-masing pada rangkaian Rakernas JKPI.

Tahun ini Rakernas JKPI ke-x mengambil tema ‘Pesona pusaka warisan budaya indonesia sebagai pengikat keberagaman budaya dalam bingkai nusantara”

Dari tema tersebut, diharapkan Daerah mampu mendorong peran aktif seluruh komponen masyarakat dalam pelestariannya dan perkembangan yang positif dalam kehidupan bermasyarakat.

Kabupaten Siak sendiri akan mengirim delegasi sebanyak 212 orang. Namun peserta ini tidak semua diberangkatkan dari Siak, melainkan ada 100 lebih mahasiswa asal Siak yang berkuliah di Yogyakarta dan Semarang menjadi peserta di berbagai kegiatan tersebut.

“Kita turut serta meriahkan Rakernas JKPI itu, seperti penampilan pagelaran seni budaya, Karnaval budaya, pameran produk unggulan daerah, heritage Tour dan lain-lain. Khusus karnaval dan kesenian kita melibatkan mahasiswa asal Siak yang kuliah di Yogyakarta dan Semarang. Di tambah beberapa OPD yang ikut dan pimpinan,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Siak, Romy Lesmana, Senin (21/8/2023).

Dalam kegiatan selama empat hari itu, lanjut Romy, Anggota JKPI akan menampilkan potensi seni budaya, atraksi, dan kearifan lokal yang dimiliki melalui kirab budaya.

Kirab budaya bakal digelar di Jalan Letjen Suprapto Kota Semarang mulai dari gedung Marba hingga titik nol kilometer. Sedangkan, pentas seni akan digelar di Polder Tawang dimana panggung akan berada di atas air.

Baca Juga  MPP Siak diresmikan, Bukti Komitmen Pemkab Layani Masyarakat Dengan Baik.

“Sementara kirab budaya, kita akan tampilkan Joged Sonde, bujang dara Siak, putra-putri kebudayaan Siak, dan beberapa OPD yang hadir. Nah, mahasiswa-mahasiswa tadi juga akan tampil. Kirab ini akan dipimpin langsung Bupati Siak Alfedri,”singkat manatan kabag umum setda kabupaten Siak, itu.(red).

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂



Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca