PT KTU Patroli Gabungan Bersama Manggala Agni Sebagai Upaya Pencegahan Karhutla


SIAK – Untuk meningkatkan efektivitas pemantauan kondisi sekitar perkebunan dalam menghadapi ancaman puncak musim kemarau tahun ini. Langkah antisipatif sangat diperlukan dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Upaya Pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terus dilakukan oleh PT Kimia Tirta Utama. Salah satunya dengan Patroli Gabungan bersama jajaran POLRI, Manggala Agni, Bhabinsa dan MPA yang dilakukan di kecamatan Koto Gasib.

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Tujuan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

Dalam kegiatan Patroli Gabungan ini, pihaknya melakukan pemantauan titik rawan dan sosialisasi dengan cara memberikan himbauan dan pemahaman kepada masyarakat yang ada di sekitar wilayah perusahaan agar melakukan pemasangan larangan dan tidak membakar sembarangan.

Penanganan karhutla tidak dapat dilakukan secara parsial. Dibutuhkan kerja sama yang baik antar semua pihak. Pemerintah daerah, aparat keamanan, swasta maupun masyarakat harus saling mendukung.
Administratur PT KTU, Hubbal K Sembiring 29/7  menegaskan bahwa kegiatan ini seperti ini perlu dilaksanakan sebagai langkah antisipatif pencegahan karhutla dan untuk menghadapi segala kemungkinan kebakaran di masa yang akan datang.

“Patroli Gabungan ini merupakan wujud komitmen PT KTU dalam rangka menerapkan operasional perusahaan sesuai dengan prinsip keberlanjutan dan mendukung program Pemerintah Kabupaten untuk mewujudkan zero fire di wilayah Kabupaten Siak.” Jelas beliau.

“Komitmen kami untuk mencegah karhutla kami wujudkan dengan berbagai langkah antisipatif seperti simulasi pencegahan karhutla, patrol api dan sekarang kami menggandeng pihak-pihak terkait untuk Patroli Gabungan. Selain itu, kami juga melengkapi diri dengan peralatan yang memadai jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya kami berharap tidak ada terjadi kebakaran lahan di wilayah HGU PT KTU dan wilayah sekitar perusahaan sehingga cita-cita zero fire yang dicanangkan pemerintah bisa diraih.” Tutup beliau

Baca Juga  Fairus : Nyalakan Lampu Kita, Jangan Padamkan Lampu Orang

Ikhsan (Manggala Agni Daops Siak) mengatakan, “Patroli pencegahan bersama yg dilakukan oleh Manggala Agni Daops Siak yg ditaja oleh PT KTU, POLRI dan MPA selama satu hari di kec. Koto Gasib merupakan komitmen semua pihak untuk melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Dengan pergerakan tim ini dapat mengakrabkan diri pada masyarakat pada saat sosialisasi dan mengurangi kemungkinan terjadinya karhutla baik itu kelalaian dan kesengajaan”, tuturnya.

Selain itu, PT KTU berupaya mencegah karhutla juga dengan melibatkan masyarakat di sekitar perkebunan termasuk tim TKTD dan MPA. Sosialisasi pun diperkuat dengan menyebarkan pesan singkat (sms broadcast) agar setiap bagian saling menjaga lingkungan dan bekerja sama agar tidak terjadi peristiwa kebakaran sedikitpun. Demi menjamin ketersediaan air, perusahaan membangun embung, overflow dan kantong air yang akan sangat berguna sebagai sumber air pemadaman pada saat terjadi kebakaran.(rls)

 

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *