Kejari Siak berpartisipasi dalam “PERSAJA Creative UMKM Expo dan Charity Concert”


MANDIRIPOS.COM-Kejaksaan Negeri (Kejari) Siak ikut berpartisipasi dalam “PERSAJA Creative UMKM Expo dan Charity Concert” yang diadakan pada 1 Juli 2023 di The Kasablanka Hall.

Keikutsertaan Kejari Siak dalam acara tersebut adalah untuk mendukung rangkaian Hari Ulang Tahun Persatuan Jaksa Republik Indonesia (PERSAJA) ke-72 pada 2023.

“Kejari Siak mengikutsertakan UMKM dari Siak yaitu Suwai yang memulai usaha sejak 2021 dengan mengusung konsep bisnis ‘socio-preneurship’ agar memberikan dampak positif bagi kondisi sosial, ekonomi dan budaya di kabupaten Siak, Riau,” kata Kejari Siak Tri Anggoro Mukti ,SH..M.Krim melalui Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Siak Rawatan Manik, SH.MH.

Suwai berasal dari bahasa Melayu “Suai” yang artinya cocok, benar, betul.

“Makna ‘suwai’ diartikan setiap yang menggunakan produk suwai ‘cocok’ bagi setiap pengguna dan benar bahwa produk-produk Suwai berasal dari alam dan tradisi serta budaya masyarakat Melayu,”

“Suwai” berdiri karena adanya potensi sumber daya alam berupa daun pandan dan sumber daya manusia yang tinggal di sekitar lingkungan domisili pendiri “Suwai” dan keinginan untuk mengembangkan potensi dan budaya Siak. Selain itu pendiri Suwai ingin mendorong regenerasi pengrajin dari kalangan generasi muda sekaligus membantu perekonomian para pengrajin yang mengalami kesulitan pada masa awal pandemi COVID-19.

Suwai menawarkan produk-produk yang berguna dipakai di rumah konsumen seperti “Betangkai Basket” dari dadun pandan dan pelepah nipah yang bisa dijadikan tempat buah atau tempat hantaran perlengkapan ibadah proses lamaran.

Produk selanjutnya adalah “Renjana Basket” yang memiliki arti rindu seperti rasa rindu seorang anak untuk pulang ke rumah. Tempat buah “Renjana Basket” ini mengingatkan masa lalu untuk kembali diulang.

Masih ada juga produk “Juwita set” tempat kue lengkap dengan pentutupnya dengan menggunakan teknik rajut pandan 4 tingkat serta pelepah nipah. Produk ini dapat digunakan untuk berbagai macam makanan sekaligus menambah keindahan meja makan.

Baca Juga  Bupati Siak Terima Penghargaan Satyalancana Wira Karya Pembangunan Bidang Pertanian dari Jokowi.

Kemudian ada “Nirmala Set” yaitu perlengkapan makan yang terdiri dari alas piring bulat, alas gelas dengan teknik rajut daun pandan dan versi lain dari teknik anyam dan sentuhan jahit kuku belalang.

Selain Suwai, PERSAJA Expo juga diikuti UMKM dari berbagai daerah di Indoensia antara lain Njonjah Poenja, Killo Alta, Exodos57, Rabbit and Wheels, Kaywood, RSV Helmet, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan RI, Khansa Leather, Lasamba dan UMKM Lainnya.

Sementara Charity Concert dimeriahkan oleh Kahitna, GIGI, Mongolsters, GJLS, Rigen, Rispo, Hifdzi dan Celine Evangelista.

“PERSAJA Creative UMKM Expo dan Charity Concert” merupakan bentuk dukungan program percepatan pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional pasca pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait penyelenggaraan berbagai kegiatan seni budaya seperti konser musik yang akan berdampak positif dalam perekonomian nasional.(rls)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂



Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca