DUA KAMPUNG BINAAN PT KTU MENYABET PENGHARGAAN PROKLIM OLEH DLHK PROVINSI RIAU


SIAK-PT Astra Agro Lestari melalui anak perusahaannya yakni PT Kimia Tirta Utama menerima penghargaan Proklim oleh DLHK Provinsi Riau. Dua kampung binaan PT KTU berhasil menyabet penghargaan Program Kampung Iklim oleh DLHK yakni Gang Damai Buatan 1 dan Lubuk Miam Kuala Gasib.

ProKlim (Program Kampung Iklim) yang diluncurkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui kebijakan peraturan menteri LHK No. P.84 tahun 2016 merupakan program berlingkup nasional dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk meningkatkan ketahanan iklim, menurunkan emisi atau meningkatkan serapan gas rumah kaca (GRK) serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Setiap tahun, DLHK memberikan penghargaan berupa sertifikat dan piagam apresiasi. Sertifikat ProKlim tahun 2022 diberikan kepada 12 Kabupaten di Provinsi Riau. Acara penyerahan penghargaan Proklim ini dihadiri oleh Pembina Proklim masing-masing Provinsi, perwakilan Proklim dari masing-masing desa, dan perusahaan pendukung proklim. Dihadiri langsung oleh perwakilan PT KTU yaitu Hendra Novianto (Asisten Fire).

Ditemui di kesempatan yang berbeda, Hubbal K Sembiring yang merupakan ADM PT KTU menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, “Masyarakat telah aktif berkontribusi dalam upaya adaptasi mitigasi perubahan iklim melalui beragam aktifitas yang telah dilakukan dalam keseharian. ProKlim mengkoordinasikan setiap unsur di masyarakat serta membangun jejaring pendukung ProKlim untuk menjaga keberlanjutan dan pengembangan aksi dalam ProKlim”. “Beberapa aksi adaptasi perubahan iklim diantaranya adalah melakukan peresapan air, pengendalian bahaya banjir dan longsor, meningkatkan ketahanan pangan, pengendalian penyakit terkait iklim.

Aksi mitigasi perubahan iklim yang dilakukan antara lain pengelolaan sampah, konservasi dan inovasi bioenergi, penghijauan, serta budidaya pertanian rendah emisi GRK”, tuturnya.

Baca Juga  Jawab Keluhan Masyarakat Terkait Si Melon Pemkab Siak Gelar Operasi Pasar di Tualang

Hendra Novianto selaku Asisten Fire PT KTU menyampaikan,”Terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada PT KTU, hal ini tidak lepas dari peran masyarakat, CSR dan dinas setempat, serta kerjasama berbagai pihak sangat kami butuhkan untuk mendukung lancarnya Program Kampung Iklim  (ProKlim) yang sudah berjalan ini”.

Dr. Mamun Murod – Perwakilan dari DLHK Provisi Riau mengajak kepada seluruh komponen baik  pemerintah   maupun swasta untuk mendukung proklim. Selain itu perwakilan DLHK provinsi Riau juga memberikan apresiasi kepada PT KTU, ”Terkait dengan Presidensi Indonesia pada G20 tahun ini, kita memiliki peluang untuk memberikan contoh-contoh yang baik dan kerja serius dalam pengendalian perubahan iklim, salah satunya melalui kegiatan ProKlim yang sudah dilaksanakan dengan baik oleh PT KTU dan Desa Binaannya”, imbuhnya

Fairuz yang merupakan wakil ketua DPRD Siak menambahkan, “Saya berharap semoga ke depannya program kampung iklim di kabupaten Siak akan terus bertambah dan berkembang, serta semakin memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, disesuaikan dengan kondisi lapangan dan kultur budaya daerah setempat di bawah binaan DLHK Provinsi Riau dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota.
Samsul selaku ketua Proklim Dusun Lubuk Miam Kuala Gasib mengatakan, “Kami selaku masyarakat merasakan manfaat secara langsung maupun tak langsung dari program ini cukup banyak, antara lain berupa rasa nyaman, lingkungan bersih dan asri, ketahanan pangan meningkat, udara semakin sejuk, air tanah bertambah, banjir yang tak lagi menyapa, dan lain sebagainya”, ungkapnya.(red)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *