DomaiNesia
DomaiNesia

Budidaya Lebah Madu Akasia mellifera untuk Masyarakat Segintil

  • Bagikan

KOTO GASIB-PT, Kimia Tirta Utama melalui program CSR bu¬didaya lebah madu beru¬paya untuk mening¬kat¬kan kesejahteraan masyarakat yang berada di Dusun Segintil , Teluk Rimba Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak.

Bantuan Budidaya Lebah Madu dirintis sejak 2020 dan dilakukan secara ber¬tahap, PT. KTU mem¬berikan ban¬tuan 1000 kotak kemasan untuk membantu penjualan madu Akasia mellifera yang berada di dalam kelompok tani Duo Rimbo Segintil.


Bantu Subscribe Channel Kami ya....

Sekitar awal tahun 2020, kelompok tani Duo madu rimbo tersebut sudah menghasilkan madu yang sangat banyak ,bibit lebah madu jenis Apis Mellifera sebanyak 120 kotak/ koloni. “Lebah madu jenis ini sangat cocok dengan cuaca dan lingkungan di kawasan tanaman akasia.

Ada sekitar 22 warga penerima manfaat dengan adanya budidaya ini.yang tergabung dalam poktan duo rimbo , masyarakat segintil awal mulanya belajar berternak madu dengan mendatangkan ahli dari jawa timur, selama 6 bulan melatih masyarakat segintil sehingga jadi sampai sekarang. Jenis madu ini sangat baik untuk ditambahkan pada beragam kuliner, dan juga dapat digunakan untuk beberapa tujuan pengobatan, karena kaya akan nutrisi dan antioksidan.

Untuk pemasarannya di¬mulai dari perusahaan-peru¬¬sahaan yang memesan langsung dan dapat diantar serta pembeli – pembeli dari Pekanbaru dan kota – kota terdekat . Ada juga pembeli yang datang langsung, dititip ke toko toko atau bahkan ada yng berlangganan setiap bulannya.

Amri mengakui, budidaya lebah madu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Segintil . “Yang tidak punya pekerjaan jadi memiliki pekerjaan dengan membuat kotaknya atau mengantarkan hasil madunya. Selain itu, kami juga masih bisa berkebun walaupun sudah beternak lebah madu,” jelasnya.,kami mengucapkan terima kasih atas bantuan CSR PT KTU yang sudah membantu pemasaran dan botol kemasan, ini sangat membantu kami, nama madu segintil semoga bisa lebih banyak di kenal oleh masyarakat.

Senada juga dengan ketua poktan duo madu rimba, Kepala Desa Teluk Rimba Mubarak juga sangat mengapresiasi apa yang di lakukan oleh pihak perusahaan KTU, memang wilayah teluk rimba adalah wilayah ring 1 dari PT. KTU, beliau meminta perusahaan untuk bisa membuka pasar di dalam perusahaan, ini sangat membantu pemasaran madu dari segintil .

Hadir dalam acara penyerahan botol kemasan tersebut Bupati Siak H. Alfedri ,Wakil DPRD Kab Siak Fairus Ramli, Administratur PT. KTU ,Camat Koto Gasib,humas PT. KTU dan staff CSR PT. KTU.Bupati Siak dalam kunjungan nya ke kebun madu segintil mengapresiasi apa yang di lakukan oleh masyarakat segintil, pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menciptakan UMKM , apa lagi saat pandemic seperti ini kebutuhan madu sangat berguna untuk meningkatkan imun tubuh ,dan perusahaan di harap membantu menciptakan UMKM atau kelompok tani di wilayah ring 1 nya,terima kasih PT. KTU sudah berkontribusi dalam program CSR nya untuk masyarakat.

Terakhir Administratur PT. KTU Hubbal K.Sembiring menyatakan perusahaan akan selalu berkontribusi untuk pembangunan pemerintah daerah, perusahaan akan mencoba membantu dari segi pemasaran , dengan membuka pasar di on line , menjadi reseller tetap , sehingga petani madu segintil mendapat langganan tetap. Hubbal menyampaikan, bahwa dalam upaya dan usaha ada beberapa alternative kegiatan yang dapat dilakukan guna meningkatkan ekonomi, yaitu budidaya lebah madu hutan mellifera ini.

Prinsip utama dalam usaha peningkatan ekonomi masyarakat adalah harus melihat potensi lokal yang ada, kemudian disusul dengan proses pemanfaatan dan pemberdayaan.

Jika dijalankan dengan baik, kedua prinsip ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan ekonomi.(rls)



banner
  • Bagikan
DomaiNesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//benoopto.com/4/3802902