DomaiNesia
DomaiNesia

Polres Siak Terima Bantuan Alat Pemadam Karhutla dari Perusahaan Perkebunan Sawit

  • Bagikan

SIAK-Pihak Kepolisian Resor (Polres) Siak menerima bantuan peralatan pemadam kebakaran dari PT Kimia Tirta Utama ( KTU ) , Rabu (23/6/2021) Sore di Kantor TKTD PT. KTU . Bantuan tersebut diberikan guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi.
Secara simbolis, bantuan peralatan pemadam berupa selang pemadam , selang hisap, sarung tangan dan sejumlah peralatan pemadaman Karhutla diserahkan oleh Administratur PT. KTU , Hubbal K.Sembiring kepada Kapolres Siak , AKBP Gunar Rahadiyanto.Sik .MH yang dalam hal ini di wakili Babinkamtibmas Polsek Koto Gasib Mahadir .
Menurut Administratur PT. KTU Hubbal K.Sembiring, bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian pihak perusahaan terhadap peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang belakangan selalu terjadi pada musim kemarau.
Terlebih, dikatakan Hubbal K.Sembiring, Kapolres Siak saat ini mengambil kebijakan untuk menempatkan personelnya di sekitar kawasan perusahaan guna melakukan patrol rutin dengan MPA, Perusahaan dalam rangka mengantisipasi adanya kebakaran hutan dan lahan gambut.
“Untuk itu, kita berinisiatif membantu memberikan sarana dan prasarana yang berupa alat yang langsung dapat digunakan untuk aktifitas pemadaman serta mensuport kendaraan operasional patroli ,kendaraan tanki pemadam di lapangan,” kata Hubbal.
Pemberian bantuan, diungkapkan Hubbal merupakan bentuk komitmen pihak PT KTU untuk memastikan Kabupaten Siak tanpa titik api atau zero hotspot saat ini dan nanti.
Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto.Sik .MH mengungkapkan terima kasihnya atas kerja sama yang dibangun dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di daerah rawan di sekitar lokasi perusahaan.
“Peralatan pemadaman ini akan kami gunakan sebaik-baiknya dalam rangka memadamkan karhutla yang ada di wilayah Kabupaten Siak ini,” pungkas Kapolres.
Kendaraan operasional yang diberikan, dikatakan Kapolres, akan berguna untuk menunjang upaya pemadaman api di daerah gambut dan upaya mencapai titik panas atau titik api yang terpantau.
“Saya berharap pihak perusahaan dapat meningkatkan koordinasi dalam menjaga kawasan mereka dari kebakaran yang terjadi,” tutur Kapolres Siak Gunar Rahadiyanto .
Selanjutnya, Kapolres juga berharap, agar partisipasi dan komitmen penanganan karhutla oleh PT.KTU dapat diikuti oleh perusahaan lain. Ke depan, Kapolres juga mengharapkan penanganan karhutla dapat dilakukan secara cepat dan sinergis oleh berbagai pihak.

 


Bantu Subscribe Channel Kami ya....

“Semoga langkah dan komitmen PT KTU dapat diikuti perusahaan lain, turut berpartisipasi dalam penanganan karhutla. Jujur, Saya berharap mudah-mudahan ‘virus’ yang baik ini dapat ‘menular’ ke perusahaan lain membantu pihak kepolisian,” kata Kapolres dan Siak bebas api dan langit biru

Karhutla terbagi menjadi dua bagian kata Kapolres, pertama karhutla bersifat ringan dan karlahut sifatnya berat. Karhutla ringan masih bisa diatasi oleh satgas dan warga yang ada dengan peralatan peralatan seadanya, namun sebaliknya dengan karhutla yang sifatnya berat.
“Karhutla yang sifatnya berat dalam artian efeknya sangat besar, maka dari itu kita berharap dukungan perusahaan, bukan dari materi melainkan berupa peralatan untuk karhutla dari perusahaan baik perusahaan sawit, karet dan lainnya,”

Semoga dengan kerja sama dari berbagai pihak , Siak menuju kabupaten siak hijau lestari bebas api, tahniah selamat dan sukses kepada Bupati dan wakil bupati siak , semoga Siak untuk ke depan makin jaya dan bebas api .(rls)



banner
  • Bagikan
DomaiNesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//zikroarg.com/4/3802902