Serius Cegah Virus Corona, Pak Penghulu Ini Terbitkan SE

  • Bagikan

KANDIS-Tak ingin adanya korban virus Corona diwilayahnya, dan juga sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona, Penghulu Kampung Pencing Bekulo Eka Indrawan Sinaga A.Md mengeluarkan surat edaran (SE). Surat edaran yang tertanggal 20 Maret 2020 tersebut berisikan sejumlah himbauan kepada masyarakat terkait virus Corona tersebut.

Surat edaran tersebut berisikan 11 poin himbauan kepada masyarakat Kampung Pencing Bekulo. Adapun ke 11 poin yang ada dalam surat edaran tersebut yaitu:


Bantu Subscribe Channel Kami ya....

  1. Menunda dan membatasi kegiatan yang sifatnya mengumpulkan banyak orang
  2. Mengurangi aktivitas di tempat umum dan keramaian

  3. Tidak melaksanakan perjalanan keluar daerah dan luar negeri

  4. Mengadakan gotong royong di lingkungan masing-masing

  5. Membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat, antara lain:

a). Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau hand sanitizer secara rutin

b). Batasi menyentuh wajah (hidung, mulut dan mata) sebelum mencuci tangan

c). Gunakan masker, jika batuk dan flu

d). Batasi berjabat tangan

e). Tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi gizi seimbang dan olahraga secara teratur

f). Jaga jarak dengan orang yang menderita demam, batuk dan bersin

  1. Jika yang mengalami gejala batuk/pilek, sakit tenggorokan, demam dan gangguan pernafasan agar memeriksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan (Puskesmas Kandis dan Rumah sakit lainnya)
  2. Untuk Pengurus Masjid dan Mushalla agar dapat melaksanakan zikir pagi dan petang di setiap masjid dan musholla yang diawali pada petang Jumat 20 Maret 2020 dan kegiatan terus dilaksanakan selama pemerintah belum mencabut surat edaran tentang bahaya Covid 19

  3. Untuk Pengurus Gereja agar melaksanakan doa bersama pada setiap kebaktian yang dipimpin oleh pengurus di masing-masing Gereja

  4. Untuk Ketua RT untuk mengawasi warganya yang keluar masuk terutama yang baru datang dari tempat mewabahnya Corona Virus Disease (Covid 19)

  5. Untuk warga yang sakit flu, demam dan gangguan pernafasan agar melaksanakan kegiatannya didalam rumah masing-masing wajib membawa sajadah

  6. Dalam pelaksanaan sholat di masjid/musholla masing-masing wajib membawa sajadah dalam upaya pencegahan dari virus Covid 19

Melalui adanya himbauan tersebut, Penghulu Kampung Pencing Bekulo Eka Indrawan Sinaga A.Md memiliki harapan akan hal tersebut.

“Harapan kami agar masyarakat kooperatif dalam melaksanakan himbauan ini. Kondisi saat ini di Kampung Pencing Bekulo masih bebas dari virus tersebut. Kalau masyarakat kooperatif, maka Kampung Pencing Bekulo akan tetap steril. Namun kalau tidak kooperatif, kita khawatirkan akan terjadi yang tidak kita inginkan. Maka kedepannya pasti akan jadi buruk dan susah untuk memantaunya. Kita belajar dari Negara Italia, karena masyarakatnya tidak kooperatif, maka virus itu menyebar diseluruh Negara Italia. Dan Italia sekarang semua daerah diisolasi, jangan Indonesia sampai seperti itu, termasuk di Kampung Pencing Bekulo ini,”harapnya.(BN)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//mauchopt.net/4/3802902