Terkait Nangkraknya Bangunan Puskesmas Kandis, Ini Kata 2 Anggota DPRD Provinsi Riau


KANDIS,Mandiripos.com-Terkait nangkraknya pembangunan Puskesmas Kandis yang terletak di Km. 76 Kelurahan Telaga Sam-Sam Kecamatan Kandis, membuat anggota DPRD Provinsi Riau Sumiyati angkat bicara. Menurut anggota DPRD Provinsi Riau dari partai Golongan Karya (Golkar) ini ia meminta agar semua pihak yang berkompeten segera menyelesaikan hal ini. Sebab menurutnya, nangkraknya bangunan tersebut sudah lebih dari dua tahun, hingga kini tak ada kabar jelas terkait hal kelanjutan pembangunan Puskesmas tersebut.

“Saya meminta kepada pihak Dinas terkait agar memperhatikan hal ini. Puskesmas itu kan menyangkut hajat hidup orang banyak. Kenapa dibiarkan nangkrak begitu lama. Pihak pemerintah daerah harus memperhatikan hal ini. Kok kenapa diam begitu saja, dan kenapa hal ini tak ada kelanjutannya,” katanya dengan tegas.

Sumiyati juga dalam kesempatan tersebut berjanji akan segera melakukan langkah konkrit seperti koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Siak. Sebab menurutnya, pembangunan tersebut dikabarkan menggunakan bantuang keuangan (Bankeu).

“Saya akan segera mempertanyakan hal ini kepada dinas kesehatan Kabupaten Siak akan hal ini. Meskipun ini bukan bidang dan komisi saya, tapi hal nangkraknya pembangunan Puskesmas ini kan sudah menyangkut hajat hidup orang banyak ini. Siapa pun wajar dan harus peduli, dan jika kepala dinasnya dikonfirmasi oleh media ini belum ada jawaban, ada apa, kan gitu,” tanyanya mengakhiri konfirmasi melalui telpon selulernya.

Terganjal Hibah, Bukan Alasan Untuk Tak Lanjutkan

Anggaran DPRD Provinsi Riau EV. Tengger Sinaga mengaku heran dengan belum dibangunya Puskesmas Kandis tersebut. Hal ini juga menjadi kekesalan tersendiri bagi dirinya.

“Saya sudah bolak balik mempertanyakan hal ini kepada dinas kesehatan Kabupaten Siak, kenapa tak dibangun, dan apa alasannya lagi. Sebab kita sangat prihatin dengan kondisi Puskesmas Kandis yang sudah seperti ini,” katanya.

Baca Juga  Koordinator SPAM Tiga Kecamatan Mengucapkan Tahniah Hut Kab Siak Ke 22

Tengger mengatakan, alasan dari nangkraknya pembangunan Puskesmas tersebut diduga alasan hibah dari Pihak Pemerintah Provinsi Riau ke Pihak Kabupaten Siak.

“Kalau alasannya hibah, tak mungkin belum selesai juga, ini udah lama lho. Saya juga sudah mempertanyakan hal ini kepada Gubernur Riau terpilih, dan jawaban beliau akan segera diperhatikan. Saya harap kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Siak untuk segera memperhatikan hal ini,” pungkasnya.

Menempuh Langkah Hukum

Sumiyati juga mengatakan kalau nangkraknya pembangunan Puskesmas Kandis tersebut harus didalami sebenarnya apa yang terjadi. Dan menurutnya jika tersendat, dimana letak kendalanya.

Namun jika hal ini sudah jelas adanya aspek pelanggaran hukum terhadap nangkraknya pembangunan Puskesmas tersebut, Sumiyati meminta untuk diambil langkah hukum.

“Ya jika terjadi penyalahgunaan anggaran atau bagaimana, kan bisa diambil langkah hukumnya. Sehingga hal ini jelas, apa kendalanya dan siapa pula dalangnya sehingga bangunan yang seharusnya untuk melayani kesehatan masyarakat tersebut tak kunjung rampung hingga sekarang,” tegasnya.

Namun sangat disayangkan, hingga berita ini diturunkan, pihak Dinas terkait belum memberikan jawaban apa pun. Entah apa makna dibalik diamnya Dinas terkait masih menjadi teka-teki yang belum terjawab hingga sekarang. Atau bisa jadi, bangunan Puskesmas yang tak rampung tersebut menjadi cerita yang berlalu begitu saja.(BN)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *