Budidaya aren janjikan keuntungan bagi masyarakat.


SIAK,Mandiripos.com-Tanaman hutan dan budidaya Aren dilirik sebagai usaha pengembangan di Indonesia yang sangat memungkinkan dilakukan. Disamping masih luasnya lahan-lahan tidak produktif, juga dapat memenuhi kebutuhan konsumsi di dalam negeri atas produk-produk yang berasal dari tanaman aren, sekaligus meningkatkan pendapatan petani dan dapat pula ikut melestarikan sumber daya alam serta lingkungan hidup.

 

 

Pohon aren dapat dimanfaatkan, baik berfungsi sebagai konservasi, maupun fungsi produksi yang menghasilkan berbagai komoditi yang mempunyai nilai ekonomi. Alasan ini menjadikan tanaman Aren sebagai komoditi alternatif bagi Riau yang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil buah sawit terbesar di Indonesia, untuk membudidayakannya.

 

 

Guna mengenalkannya kepada masyarakat, di laksanakan sosialisasi tentang perhutanan dan budidaya tanaman aren yang di pimpin langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup H. Syafrilienti  dan di Ikuti oleh para Camat dan penghulu, Kamis (31/5/2018) pagi, di ruang Sri Indrapura kantor Bupati Siak.

 

 

“Nau dalam bahasa Siak, ini tumbuh secara liar dan cenderung belum dimanfaatkan secara optimal karena minimnya informasi dan pengetahuan tentang pengelolaanya padahal, jenis tanaman Palma ini kaya manfaat dan memiliki nilai ekonomi cukup tinggi,” ungkap Syafrilenti.

 

 

Ia berharap melalui sosialisasi ini tanaman Aren dapat di kembangkan di kabupaten Siak, sehingga menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat.

 

 

Diakuinya, meskipun kabupaten Siak lebih banyak lahan gambut, namun tanaman aren dapat tumbuh di segala jenis tanah termasuk tanah gambut,  namun memerlukan sedikit perawatan agar tumbuh dengan baik.

 

 

“Tanaman aren ini di sebut juga tanaman sejuta manfaat mulai dari daun hingga akar nya dapat di manfaatkan baik untuk makanan, obat-obatan serta bantang pohon aren di manfaatkan untuk membuat tepung dan bahan pembuatan furniture,” jelasnya lagi.

Baca Juga  Sawit tidak lagi menjadi primadona,Warga Beralih Tanam Cabe Bantuan APBN 

 

 

Hal senada juga di ungkapkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Aren Indonesia Provinsi Riau Muhammad Dun. Dirinya menyebutkan, aren adalah tanaman yang multi manfaat mulai dari daun hingga akarnya bernilai ekonomi, bahkan prospek ekonominya dapat mengalahkan kelapa sawit, yang dapat panen 2 (dua) minggu sekali, sedangkan aren dapat di panen setiap hari.

 

 

“Pohon aren  dapat di panen pada usia 5-6 tahun sejak masa tanam dan dapat berproduksi setiap hari selama 7 bulan,” kata Muhammad Dun.

 

 

Menurut perhitungannya,  dari satu batang aren mampu menghasilkan 10 liter nira /hari  yang dapat di jual per liter dengan harga Rp.10.000.

 

 

“Jika tiap orang memiliki 18 pohon aren, sudah bisa menghasilkan uang Rp.1,8 juta  dan ini baru dari hasil air nira saja, belum pemanfaatan dari buah kolang kalingnya bahkan yang terbaru air nira pohon aren dapat dimanfaatkan pula sebagai penghasil Bioethanol,” tambahnya.

 

 

Muhammad Dun menceritakan bersama timnya sedang mengembangkan tanaman ini di wilayah Riaun seperti di Pekanbaru, daerah Rumbai , Sungai Pagar, Bengkalis , dan Pelalawan.

 

 

Menurut Ketua Asosiasi Aren Provinsi Riau Warsitio mengatakan, untuk pembibitan Aren sedang tahap pengembangan.  Pihaknya juga tengah melakukan pelatihan dan penelitian sehingga kedepanya budidaya tanaman aren dapat diterapkan di Riau khususnya di Kabupaten Siak.

 

 

Pada akhir forum juga dibuka sesi diskusi dan tanya jawab bersama dan terlihat antusias peserta yang ingin mengetahui lebih jelas tentang kendala dan pemanfaatan budidaya tanaman aren untuk kedepanya.(rls)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *