OTK Bakar Bagian Dalam Istana Siak


SIAK,Mandiripos.com-Kerajaan Siak Sri Indrapura didirikan pada tahun 1723 M oleh Raja Kecik yang bergelar Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah putera Raja Johor (Sultan Mahmud Syah) dengan istrinya Encik Pong, dengan pusat kerajaan berada di Buantan. Pada masa Sultan ke-11 yaitu Sultan Assayaidis Syarief Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin yang memerintah pada tahun 1889-1908, dibangunlah istana yang megah terletak di kota Siak, diberi nama Istana Asseraiyah Hasyimiah yang dibangun pada tahun 1889. Diawal Pemerintahan Republik Indonesia, Kabupaten Siak merupakan Wilayah Kewedanan Siak di bawah Kabupaten Bengkalis. Kemudian berubah status menjadi Kecamatan Siak. Tahun 1999 berubah menjadi Kabupaten Siak dengan ibukotanya Siak Sri Indrapura berdasarkan UU No. 53 Tahun 1999.

Hari in, Senin 08/01/2018 sekitar pukul 14:00 WIB, di istana tersebut ada dugaan oleh OTK yang berupaya merusak dengan membakar di bagian dalam. Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni, membenarkan kejadian tersebut. Dikatakannya bahwa kejadian terjadi sekitar pukul 14:00 WIB. Kejadiannya cukup cepat dan petugas langsung memadamkan api. “Saat itu kejadian cukup cepat karena aksi pembakaran itu diduga menggunakan bensin, untungnya petugas yang berjaga langsung memadamkan api,” ujar Fauzi Azni.

Kebakaran itu cepat diketahui petugas, sehingga hanya menghanguskan beberapa pakaian patung simulasi rapat raja dan tirai. Atas kejadian tersebut saat ini sudah dilaporkan ke Polsek Siak untuk proses penyelidikan. “Kita sudah laporkan ke polisi, saat ini masih di proses polisi,” jelas Fauzi.(rtc)

 

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.