Bagikan Zakat Dapat Memberdayakan Ekonomi Umat


SIAK,Mandiripos.com-Tingginya kesadaran masyarakat kabupaten siak dalam membayar zakat ini dibuktikan dengan terkumpulnya uang zakat yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Siak priode bulan januari sampai dengan bulan mei 2017 mencapai 5 milyar lebih, sedangkan target baznas kabupaten siak pada tahun ini mencapai 11 milyar Kecamatan tualang merupakan daerah terhakir tahap pertama dalam penyaluran zakat yang dilakukan baznas kabupaten siak.

Selama ini memang kita telah banyak menyalurkan zakat, untuk kaum duafa baik zakat produktif maupun zakat kosuntif, namun khusus untuk zakat produktif diharapkan adanya pendampingan jika terjadi persoalan-persoalan didalam pengelolaan uang bantuan mereka bias teratasi hal ini diungkapkan oleh bupati siak Syamsuar saat memberikan kata sambutan dalam acara penyaluran zakat kepada kaum duafa di mesjid Mukhlisin Kecamatan tualang perawang barat, Senin (15/5/17).

Syam menambahkan kabupaten siak masih peringkat teratas dalam pengumpulan zakat terbesar diriau, kesadaran masyarakat dalam mengeluarkan zakat dinilai cukup tinggi, hendaknya semangat ini terus di jaga dan para ustaz dan ulamah hendaknya didalam bulan suci ramadhan menyamapaikan ceramah dengan tema tentang zakat, agar masyarakat paham dan mengerti bahwa penyaluran zakat itu yang baik melalui Amil zakat, karena terkoordinasi dan tepat sasaran.

Terang Syam saat ini disetiap kecamatan telah terbentuk UPZ diharapkan lembagai ini berfungsi dengan baik dalam mengumpulkan infaq dan sedekah, dalam waktu dekat ini pihaknya akan membentu Unit Pengumpul Zakat di setiap mesjid yang ada dikabupaten siak, tujuannya agar mendekatkan hubungan dilingkungan mereka ber ada agara lebih mempermudah masyarakat dalam menyalurkan zakatnya.

Sementara itu Ketua Badan Amil Zakat Kabupaten Siak Muhammad Rasyid Suharto, di dalam sambutannya mengatakan untuk tahun ini di tahap pertama pembagian zakat semuanya berjmlah 2,4 Milyar yang saat ini kecamatan tualang menjadi daerah terhakir di tahap pertama tempat pendistribusian zakat. Dan untuk tahap kedua penyalurannya dilakukan pada bulan suci ramadhan akan datang sejalan dengan safari ramadhan bupati siak.

Baca Juga  Wabup Husni Apresiasi Festival Santri Raudhatul Athfal (KKRA).

Rasyid menjelaskan penyaluran zakat yang akan di serahkan kepada kaum duafa saat ini adalah kusus Zakat produktif dan zakat kosuntif yang totalnya berjumlah 133 kepala keluarga, dengan keterangan zakat produktif di bagikan kepada umat muslim yang membutuhkan modal usaha kecil, sedangkan zakat produtif diberikan kepada masyarakat yang yang kurang mampu atau kaum duafa yang nada di Kecamatan Tualang Perawang.

Bantuan tersebut jumlahnya berpariasi sesuai dengan kebutuhan dan jenis usaha yang akan dibantu, dengan total dana yang akan di bagikan berjumlah 170 juta untuk tahap pertama tahun 2017. Kepada masyarakat tualang yang memiliki kelebihaan harta agar mengeluarkan sedikit hartanya untuk membantu masyarakat yang ekonominya kurang beruntung dan dengan zakat yang bapak atau ibu berikan dapat memberdayakan ekonomi umat terang rasyid. (rls)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂



Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Berita Informasi Terupdate, Teraktual dan Terkini Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca