Warga tuding PT. KAN ingkari janji 


Baganbatu — Warga Jayantri kepenghuluan Makmur Jaya kecamatan Bagan Sinembah Raya menuding Pihak perusahaan Pabrik Kelapa Sawit  PT. Kencana Andalan Nusantara (PKS PT. KAN)  ingkar janji pasalnya  pihak  perusahaan pernah menjanjikan  membangun drainase di sisi jalan semenisasi yang dibangun perusahaan sebagai upaya mencegah banjir di pemukiman warga dekat jalan semenisasi tersebut.

“Dulu pernah dijanjikan sama  KTUnya Zulhasbi Nasution bahwa perusahaan akan segera membuat drainase tapi sampai hari ini belum juga dibuat sampai sekarang,  waktu dia (KTU) berjanji akan membuat drainase,  rekamannya masih ada, sama RT juga  masih ada rekaman yang mengatakan kalau akan dibuat drainase, tapi nyatanya hingga hari ini janji itu tidak dipenuhi, “beber Parhusip warga Jayantri yang kena imbasnya dari  pembangunan semenisasi tanpa drainase PT. KAN kepada media ini saat ditemui di kediamannya, Jayantri, Senin 24/10/2023.

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Tujuan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

Padahal, lanjut Parhusip, sebelum adanya semenisasi (jalan) yang buat oleh PT. KAN, pekarangan rumahnya tidak pernah kebanjiran seperti sekarang ini,

“bisa ditengok  sekarang kalau sudah hujan pasti banjir dan  air meluber kemana-mana, itu bisa ditengok di bawah tumpukan berondolan itu, pasti basah dan banyak airnya, inilah yang kami alami apabila hujan, “ujarnya kesal.

Memang sambung Parhusip, beberapa saat setelah drainase selesai dibuat, sempat ada beberapa orang perusahaan yang turun ke lokasi semenisasi, ianya sempat menanyakan tujuan ke lokasi, namun karena tidak sesuai dengan yang dijanjikan perusahaan, lantas Parhusip mempersilahkan orang-orang tersebut untuk kembali ke perusahaan.

Baca Juga  Kapolsek Sinaboi Bersama Personil Laksanakan Giat Antisipasi Penolakan TPS Diwilayah Perbatasan

‘Pernah hari itu orang perusahaan mau nimbun cekungan ( comberan) di ujung semenisasi, langsung kubilang jangan kalian timbun itu sebelum kalian buat drainasenya, pulang kalian, karena kalau ditimbun (cekungan itu) nanti tambah parah banjir di tempat kami, “terangnya kesal.

Sementara itu pihak perusahaan PT. KAN melalui KTUnya Zulhasbi Nasution bahwa   membantah  apa yang disampaikan warga tersebut di atas, karena  yang berjanji saat itu Mill Manager bukan dirinya,

“Ada memang dijanjikan pak Rambe, pak Rambenya udah terbang (resign dari perusahaan) ada juga kemarin ditanya orang itu, jadi kubilang kemarin kalian janjinya sama siapa? Sama Pak Rambe memang bang, kata orang itu, kalau aku nggak ada terlibat di lapangan memang, (meskipun) dia berbicara atas nama PT. KAN kan yang mengetahui hanya dia aja, makanya kan kemarin orang itu  nanya baru kutelpon abang  itu waktu udah di Jambi, kemarin ada Janji drainase sama orang itu, (lalu dijawab Rambe) oh ya ada janji aku sama RTnya katanya, kita bahas sama direksi loh saya nggak tahu (kata direksi), “Papar Zulhasbi Nasution via selulernya.

Masih kata Zulhasbi bahwasanya pihaknya sudah berusaha memperbaiki, namun  tidak mendapatkan izin dari warga setempat, sehingga perusahaan  belum bisa berbuat apa-apa,

“Di ujung drainase itu ada kubangan mau kita timbun mau kita perbaiki itu nggak dikasih jadi cemana itu? Saat itu saya mau timbun pakai petrun yang halus mau saya bomag biar landai biar cantik kan maksud saya biar air nggak nakung di situ biar ngalir ke bawah, jadi sekarang air itu nakung jadi kubangan itu, kita mau kerja nggak dikasih, dibentak-bentar diusir, nggak cocoklah kalau menurut saya mau berbuat baik kok, kita maunya kubangan itu kita timbun supaya cantik kan,  baru kita pikirkan drainasenya alirannya dari mana, jadi kalau mau nimbun nggak dikasih ya saya bingung mau bergerak cemana, “ujarnya bingung.

Baca Juga  Ajang MTQ Ke-XV Rohil "Wujudkan Generasi Muda Islami "

Lebih jauh lanjut Zulhasbi terkait janji drainase belum bisa direalisasikan karena harus ditinjau ulang kembali sebab menyangkut anggaran,

“Itu harus didiskusikan lagilah sama direksi karena menyangkut biaya, “tutupnya. (IND)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *