Cegah Covid 19, Warga Lakukan Penyemprotan Disinfektan dengan Swadaya

  • Bagikan

 

BALAI JAYA – Guna mengantisipasi penyebarnya wabah Covid 19. warga Kalurahan Balai Jaya, kecamatan Balai Jaya secara swadaya melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat.


Bantu Subscribe Channel Kami ya....

Kegiatan yang dilakukan secara swadaya ini laksanakan seperti di kawasan permukiman warga, seperti tempat ibadah, sekolah, pos kamling dan tempat – tempat lainnya yang sipatnya keramaian.

Selain warga masyarakat, kegiatan penyemprotan desinfektan tersebut juga disaksikan langsung oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Balai Jaya,  Junaidi AP SSTP, Danposramil Balai Jaya, S Manurung, Bhabinkamtibmas Balai Jaya, Aipda Sarmadan Siregar SH.

Salah seorang tokoh masyarakat yang sekaligus sebagai koordinator kegiatan, H Jerly Silalahi mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mencegah penularan COVID-19 di lingkungan kelurahan Balai Jaya.

Selain itu, penyemprotan cairan disinfektan tersebut untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

” Dengan kondisi saat ini, kami harapkan kesadaran masyarakat makin tinggi untuk menjaga diri sendiri dan lingkungan agar tetap bersih, sehat, dan bebas dari wabah penyakit yang menular,” kata Jerly di sela-sela penyemprotan disinfektan.

Jerly mengatakan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya terkait pencegahan penyebaran Corona/COVID-19 di berbagai daerah, termasuk Kelurahan Balai Jaya agar tidak meluas.

Namun, menurutnya, jika hanya mengandalkan pemerintah saja rasanya tidak cukup. Maka dari itu, pihaknya bersama warga secara swadaya membuat cairan disinfektan sendiri dari campuran chlorine, cairan pembersih lantai, dan air.

” Ini ya semua hasil swadaya, bantuan dana warga sini, sama donatur juga. Dan intinya, kita tidak ingin hanya diri kita yang sehat tetapi orang lain tidak,”ujarnya.

Bahkan, dirinya mengaku  kalau kegiatan penyemprotan desinfektan ini akan terus dilakukan selama sepekan,” Insya Allah akan kita lakukan selama sepekan, kita utamakan fasilitas umum dan sekolah serta tempat ibadah termasuk dengan rumah suluk,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Balai Jaya, Junaidi AP SSTP yang ditemui dilokasi mengucapkan rasa terimakasihnya kepada warga masyarakat, khususnya kelurahan Balai Jaya yang telah melakukan kegiatan penyemprotan desinfektan secara swadaya.

” Atas nama pemerintah kecamatan, kami sangat berterimakasih atas kepedulian warga masyarakat khususnya warga kelurahan Balai Jaya Kota yang ingin ikut berperan mengantisipasi penyebaran virus corona dengan melakukan penyemprotan secara swadaya dan ini layak mendapatkan apresiasi,” ungkapnya.

Disamping itu dirinya juga mengajak kepada seluruh warga untuk melakukan upaya preventif dengan menjaga diri masing-masing, keluarga, teman dan lingkungannya agar terhindar dari penularan virus corona.

Namun, hal tersebut harus diperjuangkan dengan berikhtiar untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. “Perilaku hidup bersih dan sehat tersebut di antaranya rajin cuci tangan dengan sabun atau sejenisnya, membersihkan diri dengan mandi setidaknya dua kali sehari, selanjutnya makan dengan teratur dan bergizi, juga mengkonsumsi buah dan sayur serta jangan lupa minum air yang secukupnya,” katanya.

Selain itu, ia memghimbau agar warga tetap aktif berolahraga, menghindari bersentuhan dengan orang lain, beristirahat yang cukup, juga menghindari menyentuh hidung, mata dan mulut, serta tidak keluar rumah kecuali dalam hal yang mendesak.

” Panik, cemas dan stres akibat banyaknya informasi dan pemberitaan tentang penularan corona semakin meluas. Ciri – ciri penularan corona dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun, jadi jika ada tanda – tanda tak lazim segera bawak berobat ke medis terdekat,” katanya.

Ia menambahkan, dalam situasi krisis akibat COVID-19 seperti saat ini, warga harus selalu berpikir positif, sabar dan tetap tenang agar mentalnya menjadi sehat, sehingga daya tahan tubuhnya juga tidak menjadi lemah,”Dengan daya tahan tubuh yang terjaga baik, maka dengan sendirinya tubuh tidak mudah terkena penyakit,”tandasnya.ris

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


  • Bagikan
DomaiNesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//ashoupsu.com/4/3802902