DPP. HIKATAMA Hadiri Sosialisasi SKKNI Bidang Pengemudi Angkutan Umum


Mandiripos.com, Pekanbaru – DPP. Himpunan Keselamatan Transportasi Masyarakat (HIKATAMA) ikuti sosialisasi Standar Kerja Kompetensi Nasional Indonesia (SKKNI) yang di laksanakan oleh Forum LLAJ Riau bertempat di Kantor Ditlantas Polda Riau, Rabu 31 Agustus 2022.

Rapat Forum LLAJ Riau dibuka langsung oleh Dirlantas Polda Riau Kombes Pol. Firman Darmansyah serta menghadirkan 2 orang narasumber yaitu dari LSP TGI Eddi Suzendy, A.Ma PKB, SH serta perwakilan dari Korlantas Mabes Polri Kombes Pol. Mohammad Tora yang hadir secara darring.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Ditlantas Pda Riau jl.senapelan Pekanbaru pada hari Rabu,(31/08/22). Kegiatan ini dalam rangka mensosialisasikan (SKKNI) Bidang pengemudi angkutan orang dan barang dengan tujuan meningkatkan kualitas pengemudi angkutan barang melalui pelatihan berbasis kompetensi sehingga diharapkan kedepannya pengemudi angkutan orang dan barang lebih profesional.

Ketua Umum DPP. HIKATAMA Drs. Irwan Nasir, M.Si yang diwakili Ketua Harian DPP. HIKATAMA S. Ajie Panatagama. ATD., MT yang hadir pada acara tersebut mengatakan mendukung upaya Kepolisian dalam meningkatkan kompetensi pengemudi angkutan barang di Provinsi Riau mengingat profesi pengemudi saat ini sangat dibutuhkan oleh dunia usaha untuk mendukung jalanya roda perekonomian.

“Kita mendukung langakah yang diambil oleh jajaran Ditlantas Polda Riau untuk menyusun konsep kerjasama dengan SKKNI dan BNSP dalam rangka meningkatkan kompetensi profesi pengemudi dengan harapan kedepannya pengemudi kita semakin handal dan memiliki skill dibidangnya” tutur Aji

Aji melanjutkan pengemudi itu ujung tombak dari sebuah rantai pasok distribusi barang dan penumpang sehingga dibutuhkan pengemudi yang handal serta berkeselamatan disamping itu adanya kepastian hukum untuk menciptakan pengemudi menjadi sebuah profesi pekerjaan yang diperhitungkan dan menjanjikan dikemudian hari.

Baca Juga  Penumpang KM Kelud Rute Tanjung Periok - Batam Sampai Belawan Over Kapasitas

“Dewasa ini permintaan pengemudi cukup significhant sehingga diperlukan pengemudi yang handal dan berorientasi pada aspek keselamatan sehingga harapanya dengan standarisasi pengemudi berbasis kompetensi ini dapat memenuhi kebutuhan pasar yang semakin kompetitif serta dapat menguragi faktor resiko fatalitas kecelakaan di Jalan raya mengingat trand kecelakaan angkutan barang dan penumpang cenderung meningkat. Inti dari PM Perhubungan no 85 tahun 2018 tentang SMK adalah salah satu butirnya mengenai peningkatan kompetensi pengemudi. Semogga dengan adanya FGD ini sebagai langkah awal untuk pemenuhan SMK agar perusahan angkutan umum berorientasi pada aspek angkutan yang berkeselamatan ” tutup Aji Panatagama.

Sementara itu Ketua DPW. Organda Riau, M. Nasir.SH yang hadir pada acara tersebut sangat setuju bila pelatihan kompetensi pengemudi dilaksnakan di Riau karena menurutnya pelatihan itu sangat penting agar pengemudi lebih menguasai persoalan lalu lintas jalan.

“Sebenarnya kita dari dulu mengharapkan adanya kegiatan pelatihan bagi pengemudi angkutan orang dan barang, alhamdulillah baru sekarang ini ada wacana kerja sama yang akan dilakukan oleh jajaran Ditlantas Polda Riau dengan LSP dan BNSP untuk membuka pelatihan komptensi pemgemudi, tentunya kami sangat mendukung dan siap bekerja sama untuk mewujudkannya. Kami juga mengharapkan adanya perbaikan kesejahteraan bagi pengemudi kita kedepannya. Tutup M. Nasir yang baru saja terpilih kembali sebagai Ketua Organda Riau.

Hadir pada rapat Forum LLAJ Riau sejumlah pengurus DPP. HIKTAMA Bendahara Umum Dpp. HIKATAMA Diana, SE, SH, Wasekjend DPP. Hikatama Sugito. M.Si, Ketua Devisi Bid. Pendidikan, Kebudayaan dan SDM Transportasi Eko Wibowo. S.Pdi serta perwakilan dari beberapa instansi Pemerintah dan organisasi diantaranya BPTD Wil. IV Riau Kepri, Jasa Rahrja Cabang Riau, DPW. Organda Riau, Aptrindo Riau dan undangan lainnya yang hadir pada acara tersebut.(BD)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *