TOL PEKANBARU-DUMAI TERJADI 2 HARI BERTURUT-TURUT KECELAKAAN, APAKAH PENYEBABNYA?


MANDIRIPOS.COM, PEKANBARU – Dua hari berturut-turut kecelakaan terjadi di jalan tol Pekanbaru – Dumai Kedua peristiwa itu merupakan kecelkaan tunggal. Pada Selasa (10/11/2020). Satu unit mobil Toyota Innova menabrak pembatas interchange hingga terbalik.

Sehari sesudahnya, Rabu (11/11/2020), satu unit mobil merk Toyota Avanza dengan nomor polisi BM 1716 JS juga terguling akibat kecelakaan tunggal saat melintas di jalan tol Pekanbaru – Dumai.

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Tujuan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

Kecelakaan yang terjadi Rabu siang di ruas jalan bebas hambatan itu, berada di titik KM 61 Jalur B, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, sekitar pukul 12.45 WIB.

Pengemudi mobil nahas bernama Joko Prihatin (40). Ada dua penumpang lain di dalam mobil itu, masing-masing bernama Sudirman (49) dan Kuatno (50). Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut. Hanya saja sang sopir, Joko Prihatin, mengalami luka ringan. Kronologi kejadian disampaikan Kepala Satuan (Kasat) PJR Ditlantas Polda Riau, AKBP Irmadison.

Irmadison memaparkan, Toyota Avanza tersebut datang dari arah Dumai ke Pekanbaru. Mobil itu melaju dengan kecepatan tinggi.

“Sesampai di TKP KM 61 B, pengemudi tersebut hilang kendali sehingga menabrak dinding median pembatas jalan (guard rail).”

” Akibat dari kejadian tersebut, pengemudi mengalami luka ringan serta kendaraan mengalami kerusakan,” terang Irmadison. Kerugian materil akibat kejadian itu diperkirakan sekitar Rp20 juta.

 

Innova Terbalik Usai tabrak Pembatas

Peristiwa kecelakaan ini terjadi hanya berselang sehari dari kejadian serupa. Kecelakaan tunggal juga terjadi di ruas jalan tol Pekanbaru – Dumai, pada Selasa (10/11/2020). Satu unit mobil Toyota Innova menabrak pembatas interchange hingga terbalik.

Baca Juga  SatRes Narkoba Polresta Pekanbaru Tangkap Seorang Ibu Warga Bukit Raya

Kecelakaan terjadi di KM 76,2 arah Pekanbaru – Dumai, sekitar pukul 08.30 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Mobil Toyota Innova warna putih dengan nomor plat BK 1376 PM itu, dikemudikan oleh warga bernama Mas Chayat (42). Akibat kejadian ini, kendaraan roda empat tersebut mengalami rusak berat pada bagian depan dan terbalik. Diduga sopir mengemudi dalam kondisi mengantuk.

 

Pajero Pecah Ban

Mitsubishi Pajero warna putih mengalami kecelakaan lalu lintas (lakalantas) tunggal akibat pecah ban di ruas jalan tol Pekanbaru - Dumai, Senin (28/9/2020) malam.
Mitsubishi Pajero warna putih mengalami kecelakaan lalu lintas (lakalantas) tunggal akibat pecah ban di ruas jalan tol Pekanbaru – Dumai, Senin (28/9/2020) malam. (Istimewa / dok.Ditlantas Polda Riau)

Peristiwa lakalantas di kawasan jalan bebas hambatan tersebut, bukan kali pertama terjadi. Sejumlah rentetan kecelakaan sudah terjadi sejak penghujung September 2020 lalu.

Sebelumnya, pada Senin (28/9/2020) lalu, satu unit mobil Mitsubusi Pajero Sport mengalami laka tunggal di kilometer (km) 58,5, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis. Pajero ini melaju dari arah Pekanbaru-Dumai menabrak median jalan. Mobil hanya mengalami ringsek pada bagian depan dan ban pecah. Beruntung tidak ada korban jiwa, sopir dan empat orang penumpang selamat. Diduga kecelakaan itu lantaran sopir capek dan mengantuk.

 

Avanza Tabrak Truk

Selang dua pekan kemudian, kembali terjadi kecelakaan. Kali ini, satu unit mobil Toyota Avanza yang melaju dari arah Pekanbaru menuju Dumai menabrak bagian belakang mobil truk dengan dengan plat nomor B 9384 PEH.

Akibat kejadian KM 75, Desa Pinggir, Kabupaten Bengkalis ini, mobil minibus dengan nopol BM 1640 RG yang diketahui dikemudikan Tedi Prayoga mengalami rusak berat pada bagian depan. Sedangkan sopir mengalami luka berat. Lagi-lagi peristiwa naas itu diduga pengemudi mengantuk.

Laka Maut Tewaskan 2 Korban Jiwa

Selanjutnya, kecelakaan maut terjadi dan merenggut nyawa dua penumpang mobil Honda Mobilio BM 1302 RP. Mobil yang mereka tumpangi menabrak bagaian belakang truck tronton BK 8572 CS, Kamis (15/10/2020) pagi.

Baca Juga  Upaya PHR Kelola Aset & Hadapi Tantangan 1 Juta Barel

Kecelakaan maut ini terjadi di kilometer 27, Kandis Kabupaten Siak. Kecelakaan ini diduga terjadi lantaran lalai dan kurang hati-hatinya sopir mobil Honda Mobilio. Dia diduga mengemudikan kendaraanya dalam kondisi mengantuk.

Adapun korban jiwa dengan nama Nasrul Wirawan yang meninggal dunia di lokasi kejadian. Lalu, Kapra (26) yang mengalami luka berat dan meninggal dunia usai mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit (RS) Awal Bros Ahmad Yani. Sedangkan, pengemudi Honda Mobilio Amirul Putra Anandi dan penumpang lainnya, Abdurrahman Alqho Fikhi hanya mengalami luka ringan.

 

Truk Muatan Cangkang Sawit Terbalik

Kecelakaan di Tol Pekanbaru - Dumai, Truk Muatan Cangkang Sawit Tabrak Pembatas Jalan dan Terbalik
Kecelakaan di Tol Pekanbaru – Dumai, Truk Muatan Cangkang Sawit Tabrak Pembatas Jalan dan Terbalik (ISTIMEWA)

Tak hanya itu saja, lakalantas kembali terjadi pada, Sabtu (17/10/2020) sekitar kilometer 80, Desa Pinggir, Bengkalis. Lakalantas tunggal itu melibatkan satu unit mobil truck Mitsubiahi BM 8656 RE, lantaran pengemudi diduga mengantuk. Truk diketahui bermuatan cangkang sawit melaju dari arah Pekanbaru-Dumai. Namun, tiba-tiba truk itu hilang kendali dan menabrak pembatas hingga terguling keluar badan jalan tol. Dalam kecelakaan ini, beruntung tidak ada korban jiwa. Sopir dan kernet selamat dari peristiwa naas tersebut. (bd)

Sumber : ( Tribunpekanbaru.com / Rizky Armanda )

 

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *