Buruknya Pelayanan Rutan ,Memicu Kerusuhan dan Tahanan Kabur

PEKANBARU, Mandiripos.com- Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo menjadi sumber informasi resmi pertama terkait kaburnya ratusan tahanan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B di Jalan Sialang Bungkuk Pekanbaru, Jumat (5/5/17).

Kepada media di Rutan Kulim, Guntur menyebutkan, bahwa sampai saat ini belum bisa dipastikan berapa jumlah tahanan yang melarikan diri. Juga belum diketahui berapa yang sudah berhasil ditangkap kembali.


Bantu Subscribe Channel Kami ya....


“Jumlahnya belum diketahui pastinya. Masih dilakukan pendataan agar tak simpang siur,” tutur Guntur .

Dijelaskan Guntur, larikan ratusan tahanan tak terlepas dari peristiwa demo sekitar 800 tahanan yang memprotes buruknya pelayanan dan fasilitas yang didapat para tahanan, sekitar pukul 11.00 WIB. Saat Sholat Jumat situasi memanas. Sejumlah tahanan menggunakan tiang jemuran untuk menjebol pintu samping kanan Rutan. Dari pintu tersebut mereka melarikan diri.

Dikatakan Guntur, dari ratusan tahanan yang kabur mayoritas merupakan tahanan yang terjerat kasus narkoba dan kriminal umum.

Sejauh ini, lanjut Guntur upaya penangkapan terus dilakukan aparat kepolisian dibantu TNI. “Sekarang ada sekitar 50 tahanan sudah berhasil ditangkap,” tuturnya.

Untuk melakukan pengamanan dan upaya pengejaran para tahanan, Guntur mengatakan saat ini dikerahkan 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK). Sampai saat ini dari dalam Rutan masih terdengar teriakan-teriakan protes, bahkan sebelumnya sempat terjadi pelemparan batu dan sejumlah benda dari dalam Rutan.(rtc)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.