Kolaborasi RAPP dan Pemkab, Tingkatkan Mutu Pendidikan di Meranti

MERBAU – Pendidikan menjadi kunci utama keberhasilan suatu bangsa. Namun pandemi COVID-19 telah mengubah sistem dan pola pendidikan nasional. Menyadari hal itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah menjadi lebih baik. Salah satunya melalui Program School Improvement yang diprakarsai oleh program Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

“Kami sangat mengapresiasi program school improvement ini sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan oleh RAPP di Meranti,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepulauan Meranti, Rosita saat acara Sosialisasi Program School Improvement di aula Kantor Camat Merbau, Kepulauan Meranti, Riau, Selasa (08/02/2022).


Bantu Subscribe Channel Kami ya....


Rosita menambahkan kegiatan school improvement ini melibatkan pihak-pihak garda terdepan yang menentukan kemajuan suatu lembaga pendidikan di sekolah seperti Kepala Sekolah, Pengawas, Korwil dan para Guru. Ia berharap program ini dapat dilakukan secara berkelanjutan agar dapat meminimalisir angka putus sekolah di seluruh Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Melalui RAPP kami berharap bisa bersinergi dengan Pemkab khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk mewujudkan visi misi strategis Bupati yakni menjadikan Kabupaten Kepulauan Meranti yang maju, cerdas dan bermartabat,” tuturnya.

Koordinator Program School Improvement CD RAPP, Dede Rosza Eriawan mengatakan program school improvement memfokuskan pada manajemen berbasis sekolah, pembelajaran aktif dan meningkatkan budaya baca siswa.

“Kami bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten melalui Disdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah melalui modul pelatihan modul bagi kepala sekolah dan pengawas, termasuk pelatihan pembelajaran aktif untuk kepala sekolah dan guru,” ujarnya.

Menurut Dede, adanya manajemen sekolah dan proses pembelajaran yang baik akan membawa dampak positif terhadap peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa.

“Caranya memperbaiki sistem kepemimpinan dan pengelolaan sekolah dan kegiatan belajar mengajar di kelas melalui pelatihan kompetensi Pengawas, kepala sekolah dan Guru di sekolah dasar mitra,” jelasnya.

Di Kabupaten Kepulauan Meranti, ada sebanyak 24 Sekolah Dasar (SD) mitra yang tersebar di Kecamatan Merbau, Tasik Putri Puyu dan Tebing Tinggi. Adanya kolaborasi antara pihak Perusahaan, Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, mutu pendidikan di Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi semakin baik dan mampu menembus tiga besar di Provinsi Riau sebagaimana yang ditargetkan oleh Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil.(fit)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.