DomaiNesia
DomaiNesia

Pimpinan daerah Asyiah kabupaten kepulauan Meranti adakan pelatihan penyelengaraan jenazah.

  • Bagikan

Meranti – Pimpinan Daerah (PDA) Asyiah Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar pelatihan penyelengaraan jenazah, yang berlangsung pada 19 September 2021 waktu lalu, bertempat di Masjid Taqwa Muhammadiyah Jalan Perjuangan Selatpanjang.

Kegiatan di ikuti seluruh perwakilan ranting Asyiah Muhammadiyah yang hadir di selat panjang termasuk perwakilan dari sekolah sekolah di bawah naungan Asyiah. Yang dihadiri seluruh pengerus cabang Aisyiah yang ada di Meranti yang di ketuai ibuk Suryati atau lebih akrap disapa dgn bunda elok dan seluruh jajaran pengurus cabang sementara dari ranting masing2 diwakili 2 orang perwakilan.


Bantu Subscribe Channel Kami ya....

Dikesempatan tersebut disambut baik oleh pengurus masjid taqwa yakni pak Bakri Royani dalam sambutanya menyampaikan”semoga dengan adanya kegiatan ini kita bisa sama2 belajar dan mengetahui cara menyempurnakan Pengurusan jenazah dan berterimakasih kepada pengurus karna sudah menjadikan masjid taqwa tempat pertama kali penyelengaraan pelatihan ini tutur nya”

Dalam waktu yang sama ibuk Suryati selaku ketua menyampaikan dalam sambutan nya kegiatan ini tidak hanya sampai disini dan ini memang yang merupakan yang pertama kali diadakan dan insyallah akan trus berlanjut ke ranting2 Asyiah yang ada di meranti dan berharap bersedia menjadi tuan rumah untuk kegiatan selanjut nya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan semua kader asyiah yang ada dimeranti baik itu di cabang atau pun ranting bisa melakukan dan melaksanakan fardu kiffayah dari memandikan mengapani sampailah men sholati jenazah,dan yang paling penting adalah memper erat silaturrahmi baik itu ranting atau pun cabang Aisyah yang ada di Meranti,tutup nya”.

Acara tersebut turut di hadiri pak ustad muslim spd yang merupakan Nara sumber diacara tersebut lebih kurang 100 orang dengan khusyuk mengikuti proses pembelajaran dan pelatihan yang dipandu oleh Ustadz muslim,

Awal, Ustadz muslim mengajarkan tentang tata cara memandikan jenazah bermulai dari penyediaan perlengkapan apa yang harus disiapkan sampailah urutan apa yang harus didahulukan saat memandikan jenazah dgn panduan2 yang telah beliau siapkan berupa sof coppy lembaran kertas yang berisi tuntunan penyelengaraan jenazah dari memandikan sampai menyolati Mulai dari niyat, urutan sholat jenazah, bacaan dan doa-doa diajarkannya. Begitu juga tentang hikmah dan manfaat mengerjakan sholat jenazah diuraikan dengan begitu jelas.

Sesudah itu, ustadz muslim membimbing para peserta melakukan perawatan jenazah. Mulai dari tata cara memandikan jenazah yang benar, peralatan mandi jenazah, syarat-syarat sahnya mandi jenazah, rukun mandi jenazah, doa dan bacaan saat memandikan jenazah. Usai materi memandikan jenazah, kemudian dilanjutkan dengan materi mengkafani jenazah. Ustadz muslims menjelaskan secara rinci bagaimana cara memotong dan ukuran kain kafan, membungkuskan kain kafan kepada jenazah dan penyelesaian mengkafani sebelum jenazah di sholatkan Para anggota yang hadir saat itu merasa sangat puas dengan kegiatan ini.

Acara tersebut berlangsung hingga Zuhur dan semua yang hadir melakukan sholat Zuhur bersama dan di lanjutkan makan bersama,dan setelah itu di sela sela terakhir diadakan peraktek sholat jenazah secara bersama sama dan lomba peraktek mengkapani jenazah dgn memperagakan mengunakan kain putih dan boneka sehingga betul2 kelihatan sempurna penyelengaraan nya..(fit)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


banner
  • Bagikan
DomaiNesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//thaudray.com/4/3802902