Ketua APKASI Bidang Keuangan Daerah Buka Acara APKASI Procurement Network 2018


Jakarta,Mandiripos.com-Ketua APKASI Bidang Keuangan Daerah Drs. H. Irwan M.Si, membuka sekaligus menjadi Nara Sumber acara APKASI Procurement Network Tahun 2018, kegiatan dalam rangka meningkatkan profesionalitas aparatur dibidang pengadaan barang dan jasa didaerah itu, dipusatkan di Ball Room Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jum’at (27/4/2018).

 

 

Turut mendampingi Bupati Kepulauan Meranti, Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Janefi Meza, Kepala Dinas Kesehatan Meranti dr. Irwan Suwandi, Kepala Bagian Humas dan Protokol Meranti, Kalaksa BPBD Meranti Drs. Edy Afrizal dan lainnya.

 

 

Kegiatan ini merupakan komitmen APKASI yang konsen terhadap kegiatan pengadaan barang dan jasa yang mengandung resiko hukum bagi penyelenggara. Diharapkan melalui kegiatan itu seluruh aparatur pemerintahan terkait dapat terhindar dari permasalahan hukum dan hasil dari pengadaan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

 

 

Dalam pemaparannya dihadapan seluruh Bupati dan pejabat pengadaan Se-Indonesia, Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, menyampaikan pentingnya kegiatan pengadaan barang dan jasa yang baik disuatu daerah sebagai salah satu rangkaian penguatan perencanaan pengelolaan keuangan.

 

 

“Pelaksanaan pengadaan barang jasa yang baik dapat menjadi indikator tata kelola pengelolaan keuangan pemerintah daerah, oleh karena itu proses pengadaan barang dan jasa harus dilakukan dengan perencanaan yang baik,” ujar Ketua APKASI Bidang Keuangan Daerah itu.

 

 

Pelaksanaan pengadaan barang dan jasa yang baik menurutnya sesuai dengan tata cara dan strategi yang dibenarkan dalam UU.

 

 

Namun satu hal yang tidak bisa dipungkiri dan menjadi kendala disebagian besar daerah adalah, rasa ketakutan dari aparatur pengadaan barang dan jasa terjerat kasus hukum. Disinilah  menurut Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, dibutuhkan oeran Kepala Daerah untuk memberikan motivasi kepada aparatur pengadaan dan selain itu dibutuhkan kehatia hatian dalam melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Baca Juga  MA Bupati Kepulauan Meranti ke Tahanan KPK Tiga Kasus Menjeratnya

 

 

“Hal yang penting bagaimana Kepala Daerah memberikan motivasi dalam rangka penguatan kepada aparatur pengadaannya, mendorong staf agar bisa menyusun hafga perkiraan sendiri sesuai dengan kondisi setempat, sehingga proses barangbdan jasa berjalan dengan lancar baik dari segi pengadaan hingga pertanggungjawaban,” jelas Irwan.

 

 

Lebih jauh dijelaskannya, seiring dengan diberlakukannya Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018, yang merupakan perbaikan Perpres No. 54 Tahun 2010, Ketua APKASI Bidang Keuangan Daerah itu menghimbau kepada seluruh Bupati di Indonesia segera melakukan penyesuaian.

 

 

“Dengan telah dikeluarkannya Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018 peraturan pengadaan barang dna jasa sudah harus dirubah mengacu pada peraturan tersebut,” ucap Drs. H. Irwan M.Si.

 

 

Sebelum dikeluarkannya E-Purchasing dan E-Katalog, semua dilakukan secara manual tapi siatem in kini telah menjadi alternatf pengadaan yang efektif dan efisien dan resiko pejabat tersangkut kasus hukum dapat diminalisir. Dan sejak dikeluarkanya Perpres No. 16 Tahun 2018 Presiden Jokowi juga mendorong penggunaan E-Purchasing.

 

 

Selain itu, penerapan E-Katalog juga lebih menguntungkan para penyedia barang dan jasa sebab jika sudah muncul dalam E-Katalog maka tidak perlu lagi dilakukan pelelangan.

 

 

Apalagi saat ini proses pengadaan barang dan jasa diseluruh wilayah Indonesia sudah dikelola secara profesional, melalui Unit Layanan Pengadaan yang ada didaerah.

 

 

Sementara itu, Perwakilan LKPP Eko Ronaldo, menjelaskan sesuai Kepres No. 16 Tahun 2018 mengingatkan dalam proses pengadaan tidak harus barang yang diadakan murah yang terpenting adalah berkualitas. Dan peran ULP wajib melakukan klarifkasi sehingga produk yang diadakan sesuai dengan Spesifikasi dan harga.

 

 

“Jangan takut yang terpenting semangat pengadaan terpenuhi sehingga dapat dipertanggung jawabkan secara hukum, dan hasil pengadaan dapat melayani masyarakat,” ujarnya. (ari).

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *