Wakil Bupati Meranti Ikuti Musrenbang Kec. Rangsang Barat, Dengar Aspirasi Tiap Desa Tingkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat


BANTAR,Mandiripos.com-Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Said Hasyim, membuka sekaligus mengikuti kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Rangsang Barat, Wakil Bupati berharap melalui Musrenbang kali ini dapat menelurkan pemikiran bernas terkait rencana pembangunan strategis di Kecamatan Rangsang untuk bersama-sama diperjuangkan dan direalisasikan di Kecamatan Rangsang, bertempat di Aula Kecamatan, Kamis (22/2/2018).


Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Ketua Bappeda Meranti H. Makmun Murod, Camat Rangsang Barat H. Said Jamhur, Kepala Dinas/Badan dilingkungan Pemkab. Meranti, Kades Se-Kecamatan Rangsang Barat, BPD, Para Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat/Agama/Pemda dan lainnya.

Wakil Bupati H. Said Hasyim berharap Musrenbang Kecamatan Rangsang Barat ini dapat menelurkan pemikiran rencana pembangunan strategis, yang sama-sama diperjuangkan dan direalisasikan baik melalui dana APBD Kabupaten, Provinsi hingga dana APBN Pusat.

“Semoga Musrenbang ini menghasilkan usulan pembangunan dalam rangka mengejar ketertinggalan sehingga mampu sejajar dengan Kabupaten lainnya yang lebih maju di Indonesia,” ujar Wakil Bupati H. Said Hasyim berapi-api.

Ditambahkan Wakil Bupati dalam mengejar ketertinggalan daerah, potensi sumber daya Meranti yang besar dengan didukung dana Kabupaten, Provinsi dan pusat yang diwujudkan melalui program yang tepat sasaran Meranti dapat lebih maju.

“Anggaran yang mengendap di Provinsi dan APBN harus direbut dan kita kejar, ditambah dengan APBD Meranti kita susun perencanaan pembangunan yang baik, sehingga anggaran yang ada memiliki nilai guna besar untuk kesejahteraan masyarakat dan sekecil mungkin untuk kegiatan yang tidak berpengaruh teehadap kesejahteraan masyarakat,” jelas Wakil Bupati Meranti.

Untuk itu ia mengingatkan, semua Kepala OPD dan jajaran, harus memiliki nilai juang tinggi dalam merebut anggaran Provinsi dan Pusat caranya dengan membawa tim yang dilengkapi dengan data yang lengkap. Karena salah satu hal yang menyulitkan Meranti meraih dana APBN menurut H. Said Hasyim karena minimnya data yang diajukan ke Provinsi maupun Pusat.

“Kunci yang utama adalah data monografi yang lengkap mulai dari Desa hingga Kabupaten dan sedikit ngotot meminta, sebab seberapa hebatpun kita berjuang mengejar anggaran Pusat dan Provinsi tanpa didukung data data hasilnya percuma,” pungkas Wakil Bupati mengingatkan.

Akhir kata dalam rangka suksesnya pembangunan di Kepualuan Meranti, diperlukan koordinasi dan sinkronisasi yang baik antar OPD untuk saling mendukung pembangunan berkelanjutan. Dicontohkan Wakil Bupati H. Said Hasyim jika Dinas Perhubungan mengupayakan pembangunan RoRo hendaknya didukung jalan akses yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Jadi Sinronisasi antar OPD dalam pembangunan ini sangat penting,” tegasnya.

Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan dalam penyampaian pokok-pokok fikiran DPRD mengungkapkan, Legislatif dan Eksekutif komit mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti. Dan Ia berharap dalam Musrenbang di Kecamatan Rangsang ini dihasilkan rumusan program strategis yang mampu merealisasikan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati hingga Tahun 2021 mendatang.

Lebih jauh dikatakan Ketua DPRD Meranri H. Fauzy Hasan, semua usulan pembangunan infrastruktur hendaknya benar benar mampu menopang ekonomi masyarakat jangan sampai sebaliknya tidak memberikan dampak apa apa pada peningkatan ekonomi masyarakat. 

Dalam pemaparannya Camat Rangsang Barat H. Said Jamhur, menjelaskan, Kecamatan yang dipimpinya terdiri dari 12 Desa, memiliki 5 ribu KK dengan jumlah penduduk 22 ribu jiwa lebih, dibagian utara berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Memiliki potensi lahan pertanian dan perkebunan seluas 22.207 Ha, yang terdiri dari Kopi, Kelapa, Sagu dan Pinang.

Sebagai sebuah daerah pesisir yang rentan abrasi, salah satu yang dibutuhkan adalah alat Escavator untuk pembuat tanggul jika terjadi air pasang. Rencana pembangunan lainnya yakni rehap atap rumah dinas, rehap berat labor SMPN 1 Rangsang Barat, Penahan Abrasi Pantai Tanjung Mekong dan Anak Setatah serta Rumah Layak Huni yang tersebar diseluruh Desa.

Sementara itu dalam ekspos Pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti yang disampaikan oleh Kepala Bappeda H. Makmun Murod, sesuai PP No. 13 Tahun 2017 Tentang Tata Ruang Nasional Rangsang Barat masuk kedalam kawasan strategis Nasional dan berdasarkan Kepres Tahun 2016 Kecamatan Rangsang juga termasuk kawasan strategis Nasional tertentu dengan begitu Kecamatan Rangsang masuk dalam obejek prioritas pembangunan Nasional.

Sejauh ini untuk infrastruktur jalan sebelah Utara dan Selatan Kecamatan Rangsang Barat menuju Kecamatan Rangsang, dikatakan Kepala Bappeda H. Makmun Murod telah menjadi target Pemerintah Pusat untuk dibangun.

Kepala Bappeda Makmun Murod juga menjelaskan kondisi Meranti, berdasarkan indikator Makro yakni angka Kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2018 mencapai 28.9, angka itu sesuai dengan data yang dirilis oleh BPS tahun 2017 lalu. Menurut Kepala Bappeda Meranti, angka ini cukup memprihatinkan dan merupakan yang terendah di Provinsi Riau. Untuk itu perlu dilaksanakan berbagai strategi untuk menggesa pembangunan.

Adapun yang cukup menghawatirkan adalah angka Harapan Hidup di Meranti adalah 66.8 Tahun, Angka Pendidikan/lama pendidikan 12.74, IPM juga masih pada posisi yang rendah berkisar 63.9. 

Sekedar informasi disela Musrenbang di Kecamatan Rangsang Pesisir Wakil Bupati H. Said Hasyim didampingi Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan juga menyempatkan diri unruk melakukan Peresmian Gedung LPTQ Kecamatan Rangsang Barat, serta peninjauan Pondok Pesantren Nahdatul Qur’an Dusun Pelayar Desa Permai yang sudah berdir sejak 3 tahun lalu.

Adapun beberapa usulan strategis pembangunan Kecamatan Rangsang yang tersebar di 12 Desa diantarannya adalah, Hot Mix Jalan Poros Luar dari Bantar Ke Melai, Pengadaan Excavator, Rehap Berat Labor SMPN I Rangsang, Pengaman Abrasi Pantai Dusun Tanjung Motong, Abrasi Pantai Dusun Ayun, Ruma Layak Huni Desa Permai, Semenisasi Jalan Nelayan, Pengadaan Ambulance Dusun Melati Desa Melai, Pembangunan Polindes Desa Mekar Baru, Rehap Tanggul Dusun Jermu, Hotmix Jalan Poros Segomeng, Pembangunan Gedung SDN 03, Pembangunan Turap Beron Jalan Penghulu Mamat, Turap Pemecah Ombak Dusun Demba, Semenisasi Jalan Pertanian Desa Sungai Cina, Pembangunan Turap Beron, Pelabuhan Desa Telaga Baru, Tanggul Pertanian dan Semenisasi Desa Bina Maju, Pembangunan Polindes dan Drainase serta Normalisasi Sungai di Desa Bantar dan lainnya. (ari)


Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂
Baca Juga  Cewek Teluk Belitung dihipnotes, ratusan ribu uang pulsa melayang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *