Kepala Desa Terpilih Dapat Pembekalan,Ini Kata Bupati Asahan


Kisaran-Sebanyak 45 Kepala Desa Terpilih Tahun 2019 se Kabupaten Asahan mengikuti Pembekalan dengan Thema “Tingkatkan Kinerja Menuju Asahan Yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri” yang berlangsung selama satu hari Bertempat di Hotel Marina Kisaran, Senin (09/03/2020) sekira pukul 10.00 wib.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Asahan M. Azmy Ismail, AP, M.Si dalam laporannya menyampaikan  Pelaksanaan Pembekalan ini dilaksanakan sesuai dengan amanat Permendagri nomor 2 tahun 2015 pada pasal 6 ayat (1) yang berbunyi “Calon Kepala Desa Terpilih yang telah dilantik  wajib mengikuti pelatihan awal masa jabatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kabupaten/Kota”.
Lebih lanjut Azmy menyampaikan Tujuan dilaksanakannya pembekalan ini adalah untuk memberikan pembinaan mental dan disiplin, hal ini perlu diberikan kepada para Kepala Desa terutama dalam penyampaian laporan realisasi penyerapan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang wajib disampaikan secara periodik.
Disamping itu diharapkan dengan pelaksanaan pembekalan ini para kepala desa terpilih dapat pemahaman yang jelas tentang Tugas dan Kewajiban penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Perencanaan Pembangunan Desa, Pengelolaan Keuangan Desa dan Administrasi Pemerintahan Desa, sehingga dalam menjalankan Tugas nantinya dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik,  ujar Azmi.
Pembekalan  ini diharapkan mewujudkan kepala desa hasil pilkades serentak tahun 2019 yang siap melaksanakan tugas dan kewajiban menjalankan roda pemerintahan desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandas Azmy.
Sementara itu Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam sambutannya menyampaikan dengan dilantiknya para Kepala Desa maka secara Implisit sudah menyandang sebagai Pamong yang mengandung makna antara lain:Memberikan Pelayanan dengan mengedepankan kewajiban daripada hak saudara sebagai peminpin di desa,Mengayomi secara adil seluruh lapisan elemen yang terdapat ditengah tengah masyarakat,Bekerja tanpa pamrih untuk melayani kepentingan masyarakat,Membina hubungan kerja yang baik dengan BPD, LPM, PKK dan menjalin koordinasi aktif, dengan berbagai pihak , organisasi dan lembaga kemasyarakatan lainnya,Menguasai administrasi Pemerintahan Desa, mentaati peraturan dan perundang undangan yang berlaku,Loyal terhadap atasan baik aparatur Kecamatan maupun aparatur Kabupaten.“ Saya yakin perjalanan yang saudara lewati sampai terpilih jadi Kepala Desa cukup panjang, saudara harus mampu melupakan segala intrik dalam proses pilkades , jadikan itu sebagai motivasi dalam merangkul masyarakat untuk membangun desa masing masing” tegas H. Surya.
Mengakhiri sambutannya Bupati berharap kiranya narasumber dapat memberikan dan membekali para kepala Desa dengan pengetahuan yang maksimal dengan menggunakan metode yang praktis dengan mengacu kepada peraturan dan perundang undangan yang berlaku.
“Hasil dari pelatihan ini saya harapkan dapat memunculkan pemimpin pemimpin  desa yang mengerti tugas dan tanggung jawabnya, memahami segala peraturan yang menjadi pedoman dalam menjalankan tugas serta mampu menggerakkan seluruh  potensi masyarakat menuju taraf hidup yang lebih baik, lebih sejahtera” pungkas Bupati.(met)
Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂
Baca Juga  Kemensos dan Pemprov Akan Beribantuan Kemasyarakat Asahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *