PUSDATIN Kemendikbudristek Siap Dukung SNMPN Tahun 2022


BENGKALIS – MANDIRI POS, Berdasarkan Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) Kemendikbudristek, yang dirilis Rahmad Akmal humas Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) yang diteruskan kepada media ini pada Senin 3 Januari 2022.
Bahwa melalui Mursid Triasmanto, Analis Statistik, telah menyatakan kesiapannya untuk mendukung program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi, SNMPN 2022.

Dan penyataan tersebut dikatakan olehnya pada kegiatan peresmian Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Tahun 2022, di Jakarta, (03/01/2022), saat beliau sedang bersama Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbudristek dan Forum Direktur Politeknik Negeri Se- Indonesia (FDPNI) yang disaksikan oleh Kepala Sekolah SMK/SMA/MA/MAK se- Indonesia dan Para Guru Bimbingan Konseling (secara hybrid, red.)

ADS:

Lagi Cari Agency Travel Pekanbaru Tujuan Medan untuk liburan atau pulang kampung? Hubungi Melody Travel untuk Perjalanan PP Travel Medan Tujuan Pekanbaru yang aman dan nyaman.

PUSDATIN saat itu memberikan gambaran mengenai pembaruan konsep tata Kelola data dan informasi berdasarkan kebutuhan perkembangan pembangunan pendidikan di Indonesia, mengenai
sistem verifikasi dan validasi data pendidikan, atau dikenal dengan istilah “Verval Data”, bertujuan memperbaiki data yang belum valid, disebabkan duplikasi data. Biasanya terjadi karena siswa yang sudah tidak aktif, karena pindah, dan alasan tertentu masih terdaftar pada sekolah yang lama. Sementara di sekolah yang baru, siswa didata ulang sehingga berpotensi terjadi duplikasi data.

Harapan saya, satuan Pendidikan berperan sangat penting dalam proses pendataan siswa, baik sekolah, operator dan Kepsek, diharapkan dapat berkoordinasi untuk melakukan update data seperti NISN, Identitas siswa dan lain sebagainya, sehingga sasaran verifikasi validasi dapat terpenuhi, ungkap Mursid.

Lalu data yang digunakan mengacu pada data yang ada di Kementerian Dalam Negeri. Dan, ternyata masih dijumpai adanya permasalahan seputar data induk kependidikan. Untuk itu dibutuhkan Verval Data, mengingat data ini menjadi dasar untuk program seleksi nasional yang akan berlangsung ini, tambah Mursid.

Baca Juga  Semangat Juang Kades Sukajadi dalam memeriahkan HUT RI ke- 77

Ungkapan yang sama disampaikan oleh Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Dr. Beny Bandanadjaja, ST., MT. Dan Dr. Beny ikut menambahkan.

“Jika pemerintah melalui program Satu Data Indonesia telah berupaya mewujudkan tata kelola data pemerintahan yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah, dan datanya terpusat dari Kemendagri.”

Dan untuk pemanfaatan datanya tidak hanya terbatas pada penggunaan secara internal antar instansi, tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat. Salah satunya adalah pemanfaatan data untuk program seleksi nasional masuk perguruan tinggi, seperti SNMPN ini, sambung beliau.

Sebelum SNMPN tahun 2022 ini diluncurkan, telah diadakan sosialisasi internal untuk masing masing politeknik peserta jalur seleksi ini di tanggal 28 Desember 2021 yang lalu. Melihat betapa pentingnya data, menjadi bagian terpenting pada proses seleksi, pada kesempatan itu Kepala Bidang Data Satuan Pendidikan dan Proses Pembelajaran PUSDATIN Kemendikbudristek, Drs. L. Manik Mustikohendro, M.Si. pun ikut berkesempatan menyampaikan tentang Ekosistem Data.

“Data merupakan representative dari setiap Warga Negara yang harus dipastikan pendidikannya. Setiap individu, akan meninggalkan jejak rekam data pendidikan, sejak di awal bergabung dengan pendidikan dasar hingga pendidikan lanjutannya, SMP, SMA/ SMK/ MA dan perguruan tinggi. Untuk itu dibutuhkan pemahaman lebih dalam hal pengelolaan data data pendidikan,” ungkapnya. (sir)

 

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *