DPPPA Kabupaten Bengkalis Adakan Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat


BANDAR LAKSAMANA – MANDIRI POS, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Bengkalis melalui Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis mengadakan sosialisasi Aktivis Penguatan Kapasitas Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Aula Ruang Rapat Kantor Camat Bandar Laksamana, Tenggayun, Rabu 23 Maret 2022.

Adapun acara sosialisasi tersebut diadakan bertujuan untuk bagaimana cara mengatasi kekerasan dan perlindungan terhadap anak yang sering terjadi ditengah masyarakat.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Camat Bandar Laksamana Acil Esyno, SSTP, M.Si. Pada pembukaan tersebut Camat Bandar Laksamana mengatakan sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh DPPPA itu, kerena menurutnya, anak merupakan sosok yang harus dibina baik secara mental maupun fisik agar tumbuh dan berkembang secara baik.

“Mental dan fisik anak harus kita persiapkan pertumbuhannya secara baik. Secara psikis, mentalnya tidak boleh terganggu dari ancaman maupun tekanan, baik dari orang tua maupun pihak luar. Begitu juga perkembangan fisiknya,” ujar Acil Esyno.

Acil Esyno juga menjelaskan bahwa PATBM di Kecamatan Bandar Laksamana sudah terbentuk di seluruh desa yang ada.

“PATBM di setiap desa sudah terbentuk dan di SK-kan oleh kepala desa. Pelaksanaannya dibantu oleh Ketua PKK desa, bidan desa serta tokoh-tokoh masyarakat. Maka itu ia berharap semoga PATBM yang sudah terbentuk dapat berjalan maksimal sehingga perlindungan bagi anak anak dapat berjalan maksimal pula.
,” ujarnya lagi

Kegiatan sosialisasi tersebut mendatangkan narasumber dari DP3AP2KB Provinsi Riau, yaitu Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Kelembagaan Tumbuh Kembang Anak, Ibu Santi yang didampingi oleh Ibu Dessy Rahmawati, S.Psi.

Mereka menjelaskan bagaimana cara lebih cepat untuk mengatasi masalah kekerasan dan pelindungan terhadap anak,
Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

Baca Juga  Diapresiasi Tim Penguji, Bupati Kasmarni Paparkan Langsung Inovasi Turunkan Stunting

Yang dimaksud PATBM adalah, “sebuah jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinir untuk mencapai tujuan perlindungan anak”, untuk melakukan upaya upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan prilaku yang memberikan perlindungan kepada anak.

Turut hadir pada acara tersebut, Kasi Perlindungan Anak DPPPA Kabupaten Bengkalis, Dewi Humaira beserta staf, Jajaran UPT Puskesmas Tenggayun, sejumlah kepala desa di Kecamatan Bandar Laksamana serta sejumlah undangan lainnya. (sir)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *