Polbeng Rangking 9 Se- Politeknik Indonesia pada Katagori “Simkatmawa Nasional Baik Sekali”

  • Bagikan

BENGKALIS – MANDIRI POS, Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) berhasil naik peringkat dalam Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) tahun 2021.

Perguruan tinggi terakreditasi ” Baik Sekali” berada di rangking 9 Nasional se-Politeknik Indonesia, naik 31 tingkat dari sebelumnya yang berada di ranking 40. Capaian ini menjadi kebanggaan civitas akademika, sekaligus sebagai hadiah di akhir tahun 2021.


Bantu Subscribe Channel Kami ya....

Jika berdasarkan kategori Liga, polbeng masuk di Liga 3 dengan peringkat 20. Untuk diketahui, Liga 3 artinya jumlah mahasiswa aktif > 1000.

Pemeringkatan ini telah diumumkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI tahun 2021 di laman Simkatmawa.kemendikbud.go.id beberapa waktu lalu.

Wakil Direktur III Polbeng Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama, Akmal Indra mengatakan, Simkatmawa merupakan evaluasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam bentuk penilaian kinerja dan pemeringkatan bidang kemahasiswaan yang sekaligus menjadi wahana bagi perguruan tinggi melaporkan prestasi mahasiswa dan institusi bidang kemahasiswaan terkait.

“Diharapkan dapat mendorong perguruan tinggi untuk lebih meningkatkan kepedulian kepada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik secara kelembagaan maupun prestasi mahasiswa,” kata Akmal.

Akmal menjelaskan dalam melakukan pemeringkatan berdasarkan komponen penilaian lima aspek yakni manajemen institusi, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)/non lomba, Prestasi Mahasiswa, Rekognisi dan pelatihan mental kebangsaan serta kegiatan Belmawa Kemdikbud. Seluruh kegiatan tersebut dalam satu tahun kemudian dihitung dan diberikan nilai.

“Seluruh mahasiswa bahwa setiap program yang dilaksanakan Polbeng di bidang kemahasiswaan ditekankan sejalan dengan pencapaian Simkatmawa,” tutur Akmal.

Selanjutnya, Akmal indra mengucapkan rasa syukur dengan capaian membanggakan ini, ini semuanya tidak lepas dari dukungan Civitas Akademika Polbeng, Organisasi Mahasiswa di lingkungan polbeng, dan tim kemahasiswaan.

“Target kita di tahun berikutnya tentu mempertahankan maupun meningkatkan capaian yang sekarang. Ini perlu kolaborasi seluruh pihak, baik Dosen, Tenaga Pendidikan, dan Mahasiswa,” ungkap Akmal.

Sementara itu Direktur Polbeng Johny Custer mengucapkan Alhamdulillah tahun ini polbeng naik peringkat, dan dengan predikat baik sekali. Tentunya ini tidak lepas kerja keras dari seluruh civitas akademika polbeng yang mendukung program program kemahasiswaan.

“Harapannya kedepannya Polbeng terus mampu meningkatkan pemeringkatan, dan mahasiswa Polbeng semakin banyak yang berprestasi di berbagai ajang kompetisi,” kata Johny. (sir)

5/5 - (6 votes)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//chooxaur.com/4/3802902