Launching program pemberdayaan masyarakat desa (P2MD) oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan

  • Bagikan

BENGKALIS – MANDIRI POS, HIMKA atau Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan Politeknik Negeri Bengkalis sukses menjalankan Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD), Sabtu, 27/11/2021.

“Himka merupakan satu satunya Ormawa yang lulus didanai oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi dengan Judul Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pantai dengan Mengembangkan Wisata Pantai Selat Baru”. Ujar Rahmad Akmal,S.E, Selaku Humas Polbeng, yang disampaikan kemedia ini.


Bantu Subscribe Channel Kami ya....

Akmal juga menjejelaskan bahwa tujuan dari P2MD ini yaitu terwujudnya mahasiswa yang memiliki empati dan semangat membangun desa sebagai implementasi kemampuan berfikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, keterampilan berkomunikasi, berjiwa kepemimpinan dan mampu berkolaborasi dalam pemberdayaan masyarakat desa di Era Industri 4.0. Yang merupakan realisasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”.

Launching dan Penyerahan Alat Pendukung Pengembangan Pantai Selat Baru ini berupa 2 buah perahu kayak, pelampung, spot poto, dan miniatur kapal. Alat tersebut diserahkan langsung oleh Nurhasanah.S.T.,MT selaku Pembina didampingi ketua pelaksana M. Sidik Al Amin dan Bapak Rahayu Nendang selaku kepala Desa Pantai Selat Baru didampingi oleh kepala UPT dan pengurus BUMDes.

“Alasan mengapa Pantai Selat Baru diambil sebagai tempat pemberdayaan masyarakat karena merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang memiliki beragam keunikan, baik yang bersifat alami maupun buatan manusia. Namun wisata tersebut belum dikelola secara optimal dan Profesional oleh pemerintah. Oleh sebab itu dengan program ini kami membuat kegiatan atau wahana baru yaitu Perahu Kayak yang memiliki daya saing dengan produk produk wisata yang telah ada. Sehingga mengembangkan kegiatan wisata air di Kawasan Pantai Selat Baru diharapkan mampu membantu pariwisata di Kabupaten Bengkalis dan menjadi salah satu alternatif usaha diversifikasi sehingga memperkaya ragam atau jenis kegiatan yang ditawarkan kepada wisatawan”. Ungkap Nurhasanah.S.T.,M.T selaku Pembina HIMKA.

Selanjutnya Nurhasah juga menjelaskan bahwa Program Pemberdayaan Masyarakat Desa ini juga terjalin berkat kerjasama antara pihak UPT pariwisata Desa selat baru, BUMDes, RT/RW, Pokdarwis atau Kelompok Sadar Wisata serta pemuda dan masyarakat setempat. Dengan program ini harapannya mampu merubah perekonomian didaerah pesisir selat baru, menghidupkan usaha usaha mikro, dan menjadi tempat pariwisata terkhusus di daerah Kabupaten Bengkalis Kecamatan Bantan.

“Dengan program ini masyarakat bukan hanya dibekali bagaimana cara pembuatannya namuan diberi cetakan khusus perahu kayak sehingga program ini nanti dapat berlanjut kedepannya.

Dan saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras hingga terlaksana”. Tutup Nurhasanah mengakhiri. (sir)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//mauchopt.net/4/3802902