Tujuh Orang Alumni Polbeng di Berangkatkan ke Taiwan

BENGKALIS – MANDIRI POS, Untuk meningkatkan mutu lulusan Pendidikan Tinggi Vokasi Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) agar dapat bersaing di Kancah Internasional, untuk itu Polbeng telah memberangkatkan 7 orang alumninya ke Taiwan, pada 24 Oktober 2021 pagi ini.

Lebih jelasnya keberangkatan 7 orang Alumni Polbeng tersebut bertujuan untuk menambah ilmu
dalam peningkatan kualifikasi dari jenjang D3 ke jenjang D4(sarjana terapan) keperguruan tinggi luar negeri.


Bantu Subscribe Channel Kami ya....


Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi telah menggelar Program Bantuan tersebut. “Bantuan Persiapan Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi Luar Negeri Tahun Anggaran 2021 ini.”

Kepala Urusan Internasional Politeknik Negeri Bengkalis yang wakili oleh Wakil Direktur Bidang Kerjasama, M. Alkadri Perdana, B.IT. M.Sc., menyatakan, skema yang terdapat pada program tersebut adalah Program 2+I Industry-Academia Collaboration, yaitu bantuan dana persiapan bagi mahasiswa program diploma dari perguruan tinggi Indonesia yang telah memiliki kerja sama Industry-Academia Collaboration dengan perguruan tinggi Taiwan untuk jenjang sarjana terapan.

Dalam hal pemberian bantuan persiapan studi lanjut, program ini merupakan program lanjutan dari dukungan untuk mahasiswa Indonesia yang mengikuti program kerja sama internasional industri dan akademik (2+ i Industry-Academia Collaboration/IAC) perguruan tinggi di Taiwan yang dilaksanakan sejak 2019 melalui program Batch 1 dan Batch 2.

Pada 2020, karena kondisi pandemi COVID-19, program persiapan bantuan studi lanjut ke luar negeri sempat terhenti. Namun, pada 2021 program Bantuan Persiapan Studi Lanjut Luar Negeri Batch 3 dilaksanakan kembali dan kerja sama sejenis dikembangkan dengan perguruan tinggi di negara lain., ujar Alkadri.

Politeknik Negeri Bengkalis sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi di bidang vokasi pun semenjak 2019 telah mengikuti program ini. Batch pertama diikuti oleh 11 orang lulusan/alumni, Batch 2 menurun menjadi 3 orang lulusan, dan pada tahun 2021 ini menaik menjadi 7 orang, dimana 4 orang dari alumni tahun 2020 dan 3 orang dari tahun 2021.

Baca Juga :   Makmurkan Masjid, Komunitas di Bengkalis Gelar Kegiatan Bersih-bersih Masjid

Setelah melalui beberapa rangkaian seleksi pendaftaran dan penerimaan, baik secara internal di Polbeng maupun secara eksternal melalui DIKSI dan kampus tujuan di luar negeri, pada 2021 dalam Batch 3 yang awalnya diikuti oleh 15 orang kandidat Polbeng, hanya 7 orang terpilih mengikuti program ini. Dan hari ini tanggal 24 oktober berangkat melalui bandara sultan Syarif Kasim 2 ke Jakarta, dan melanjutkan perjalanan dari Jakarta ke Taiwan, ujarnya lagi

7 orang dari peserta tersebut berasal dari Jurusan Sipil sejumlah 6 orang dan 1 orang berasal dari Jurusan Teknologi Mesin, pungkas Alkadri mengakhiri. (sir)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.