DomaiNesia
DomaiNesia

Ini Benar Lho Kapal Roro Akan di Berlakukan 24 Jam, Djoko Edy Imhar: Tapi Hanya Pada Hari Jumat dan Minggu Serta Hari Hari Besar

  • Bagikan

 

BENGKALIS – MANDIRI POS, Pelayanan kapal roro 24 jam yang melayani penyeberangan dari Bengkalis menuju Sungai Selari dan sebaliknya hanya akan diadakan khusus pada setiap hari Jumat dan Minggu.


Bantu Subscribe Channel Kami ya....

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Djoko Edy Imhar di sela-sela kegiatan gotong royong yang dilakukan bersama Wakil Bupati Bengkalis dan puluhan ASN, honorer, TNI dan Polri serta pihak swasta di Pelabuhan Roro Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Kamis, 01 April 2021.

“Pelayanan roro 24 jam khusus pada Jumat dan Minggu, karena pada kedua hari tersebut sering terjadi lonjakan penumpang. Hal ini sesuai evaluasi dan hasil rapat penyelenggara pelabuhan,” ujarnya.

Selain itu, pelayanan juga akan diberikan pada hari-hari besar dan hari libur nasional seperti Idul Fitri, Natal dan tahun baru, Idul Adha, Imlek dan lain sebagainya. Namun tetap melihat kondisi lonjakan penumpang yang terjadi.

Soft Lounching pelaksanaan pelayanan roro 24 jam akan dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati pada Senin, 12 April 2021 di Pelabuhan Roro Air Putih Bengkalis. Sedangkan efektifnya dimulai pada Jumat, 16 April 2021 mendatang.

Terkait e-ticketing, lebih lanjut Djoko menjelaskan, selama ini tiket penyeberangan diberlakukan secara manual dan kumulatif dengan menghitung jumlah kendaraan ditambah dengan jumlah penumpang menjadi 1 tiket.

Dengan e-ticketing, kita akan menggunakan sistem seperti sistem Tol. Yang mana, untuk roda dua, 1 tiket untuk setiap kendaraan tanpa menghitung penumpang.

Sedangkan untuk roda empat, jika merujuk kepada Kepmen Tahun 1992, secara nasional, setiap kendaraan roda empat penumpangnya dihitung 5 orang.

Namun, kita akan berlakukan 1 tiket untuk satu kendaraan dengan jumlah penumpang yang dihitung hanya 3 orang. Jadi, walaupun ada lebih dari 3 penumpang, tetap dihitung 3 penumpang saja. Tujuannya, agar masyarakat tidak terlalu dirugikan.

Lebih lanjut Djoko menjelaskan bahwa program e-ticketing tersebut merupakan yang pertama di Indonesia dan akan dilaksanakan pada bulan Juni 2021 mendatang.

“Sesuai keinginan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, e-ticketing akan dilaksanakan bulan Juni mendatang,” papar Djoko.

Namun, setelah infrastrukturnya disiapkan dan dilakukan penyesuaian tarif terlebih dahulu. Yang mana sejak 2015 sampai sekarang tarif kita belum dilakukan penyesuaian. Selama ini tarif Bengkalis – Sungai Selari untuk kendaraan golongan 4A yakni 5 mil hanya Rp.106.000,- sedangkan Dumai – Rupat tarifnya Rp.140.000,- untuk 3,3 mil.

“Walaupun nanti tarif akan disesuaikan, nilai tarif untuk Bengkalis – Sungai Selari dan sebaliknya akan tetap lebih rendah dibandingkan dengan tarif pada lintasan-lintasan lain. Ini wujud keberpihakan kami terhadap masyarakat Bengkalis,” pungkasnya.(sir)



banner
  • Bagikan
DomaiNesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//iphumiki.com/4/3802902