Cegah Abrasi, Pemkab Bengkalis Gelar Desiminasi Bersama Dosen Polbeng

BENGKALIS – MANDIRI POS, Untuk mencegah tergerusnya garis pantai akibat abrasi, Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengadakan kegiatan Diseminasi Penerapan Struktur Pelindung Pantai pada kamis, (3/9/2020) di ruang Hang Tuah lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

Kegiatan yang digelar tesebut dengan menghadirkan narasumber dari ketua kajian studi penanggulangan bencana abrasi pantai Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) DR. Eng Noerdin Basir, ST,MT.

Rental Genset Pekanbaru

Bantu Subscribe Channel Kami ya....

Dalam kajian tersebut Noerdin Basir memaparkan tindakan penanggulangan erosi menggunakan struktur perangkap lumpur berbasis masyarakat yang dikembangkan berdasarkan konsep NLSWE (Non linear shallow water equation) konsep ini menggunakan 3 parameter untuk mengimbangi energy gelombang, diantaranya Bottom friction, Wave breaking dan vegetation dumping.

Dengan adanya struktur perangkap lumpur diharapkan dapat menciptakan kondisi yang ramah lingkungan dan dapat menciptakan lingkungan baru yang baik untuk pertumbuhan mangrove.

Pelaksana Harian Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra mengungkapkan bahwa abrasi pantai merupakan salah satu permasalahan utama dalam upaya perlindungan pesisir pantai.

“Fenomena ini dapat berdampak pada tergerusnya garis pantai yang dapat mengganggu pemukiman serta infrastruktur dan fasilitas fasilitas umum.

Penanganan erosi pantai telah banyak dilakukan dengan menggunakan struktur keras (hard structure), seperti revetmen, pemecah gelombang, tembok laut, groin atau kombinasi dari jenis pelindung pantai,” ungkap Heri.

Selanjutnya Heri menambahkan abrasi yang terjadi menyebabkan masyarakat pesisir menjadi resah, mengingat daratan yang menjadi penopang hidup, seperti lahan tempat tinggal dan lahan perkebunan serta persawahan hilang sia-sia digerus oleh ganasnya abrasi pantai.

Turut hadir dalam acara desimenasi ini Direktur Polbeng, Johny Custer.ST MT. “Untuk saat ini polbeng sedang melaksanakan sebuah program polbeng membangun desa, dan sesuai dengan thridarma perguruan tinggi, ada unsur penelitian dan pengabdian masyarakat (P3M), untuk kegiatan P3M ini polbeng akan bersinergi dan bekerja sama dengan semua stakeholder terutama Pemda Bengkalis.(sir/polbeng)








Mitsubishi Pekanbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: