Tameran dan Damon Terbaik se-Kecamatan Bengkalis

  • Bagikan

BENGKALIS – MANDIRI POS, Desa Tameran dan Kelurahan Damon dinobatkan sebagai desa dan kelurahan terbaik se-Kecamatan Bengkalis. Penghargaan sebagai desa dan kelurahan terbaik, dari aspek pemerintahan, kewilayahan, kemasyarakatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Penghargaan diserahkan langsung Camat Bengkalis Ade Suwirman, kepada Kepala Desa Tameran Arifin dan Lurah Damon Jordy Kamis 30 April 2020, di kantor camat Jalan Panglima Minal, Desa Air Putih, Kecamatan Bengkalis.


Bantu Subscribe Channel Kami ya....

Dikatakan Ade Suwirman, Desa Tameran berhasil meraih prestasi, karena dinilai mampu menggerakkan ekonomi masyarakat dengan beberapa produk unggulan seperti pemanfaatan upih pinang melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan pengolahan sagu dan nanas kader PKK desa. Sedangkan untuk Kelurahan Damon memiliki inovasi peta sistematis kelurahan dan produk unggulan keripik daun kelor.

“Atas nama pribadi dan pemerintah kecamatan, tentu kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada desa dan kelurahan yang telah berhasil meraih prestasi. Hendaknya ini dipertahankan dan menjadi pemicu bagi desa dan kelurahan lagi untuk berinovasi lebih baik lagi,” ungkap Ade.

Berdasarkan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan maka pemerintah desa dan kelurahan diharuskan melakukan evaluasi diri untuk mengetahui capaian perkembangan desa dan kelurahan dan untuk mengetahui efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan dan pembinaan masyarakat.

Diungkapkan Ade Suwirman, setelah desa dan kelurahan melakukan evaluasi diri maka kecamatan melakukan evaluasi perkembangan desa/kelurahan. Adapun kriteria penilaian secara umum terdiri dari bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

Berdasarkan hasil penilaian tim Kecamatan Bengkalis, pada tahun 2020 yang memperoleh peringkat pertama Desa Tameran. Kemudian terbaik kedua Desa Teluk Latak dan terbaik tiga Desa Wonosari.  Sedangkan untuk kategori kelurahan terbaik satu Kelurahan Damon.

Selanjutnya telah menyandang predikat terbaik di level kecamatan, Desa Tameran dan Kelurahan Damon akan mewakili kecamatan di tingkat Kabupaten Bengkalis. Ade berharap desa dan kelurahan tersebut bisa bersaing dan mengharumkan nama kecamatan di level kabupaten.(sir)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//usounoul.com/4/3802902