Ketua DPRD Apresiasi Kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah TA 2020

  • Bagikan

Bengkalis, MANDIRI POS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar Sosialisai Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2020. Bertempat di lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua DPRD Bengkalis H. Khairul Umam serta anggota dr. Morison Bationg Sihite, H. Adri, Laurensius Tampubolon, dan H. Zamzami, Senin (02/03/2020).

Ketua DPRD Kabupaten Bengalis H. Khairul Umam mengapresiasi adanya sosialisasi ini menjadi tolak ukur dalam melakukan kegiatan untuk menghindari tindak pidana korupsi, baik di pemerintahan maupun DPRD.


Bantu Subscribe Channel Kami ya....

“Pencegahan korupsi bisa dilakukan dari kegiatan sosialisasi. kurangnya pengetahuan tentang hukum dapat menjadikan seseorang terlibat dalam kasus tindak pidana korupsi, maka kami menghimbau kepada seluruh rekan-rekan yang ada di DPRD untuk berhati-hati dalam menggunakan anggaran dan kewenangan agar terhindar dari tindak pidana korupsi.”

Kemudian dalam sambutan Bupati Bengkalis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah H. Bustami, HY menyampaikan bahwa APBD memiliki peranan yang cukup penting untuk mempercepat gerak roda pembangunan, terutama dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Proses pelaksanaan APBD merupakan tahapan yang fundamental dan harus dilaksanakan dengan seksama sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) No. 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah. Untuk itu, pelaksanaan sosialisasi ini memiliki makna yang sangat strategis dalam kerangka pelaksanaan program kegiatan untuk tahun anggaran 2020 dan sekaligus untuk mewujudkan kesamaan persepsi berkenaan dengan kewenangan dan tanggung jawab setiap unsur pengelola keuangan daerah yang berpedoman pada peraturan perundang-undangan.”

Kepada narasumber, Morison Bationg Sihite mempertanyakan terkait tindak pidana korupsi yang tidak diinginkan oleh masyarakat namun hingga saat ini masih saja terjadi, contoh kasus penyalahgunaan tandatangan yang mengarah kepada tindak pidana korupsi.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri, Nanik Kushartanti, “Pengelolaan anggaran rawan terjadinya tindak pidana korupsi sehingga kejaksaan negeri melakukan kontrol yang sangat ketat dan menghimbau kepada pengguna anggaran maupun lainnya untuk bekerja sebaik mungkin agar terhindar dari tindak pidana korupsi.”

Hadir dalam kegiatan tersebut kepala dinas, serta unsur forkompinda dan narasumber Kepala Unit Tipikor Polres Bengkalis IPDA Hasan Basri.(sir/dprd)
[3/3 12:24] Indra Wrt: STAIN Bengkalis Taja Seminar Internasional

BENGKALIS, MANDIRI POS – Hampir setiap tahun, ketika memasuki musim kemarau yang berakibat selalu terjadi kebakaran hutan dan lahan di Indonesia, bahkan dalam beberapa tahun terakhir, kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau terjadi cukup parah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis melaksanakan seminar internasional pemanfaatan radar furono x band untuk monitoring curah hujan dan kabut asap khususnya di wilayah Bengkalis dan sekitarnya, bertempat di Lantai III Gedung Pembelajaran dan Layanan Mahasiswa STAIN Bengkalis, Selasa (03/03/2020).

Seminar internasional ini dibuka Asisten Administrasi Umum Setda Bengkalis H Tengku Zainuddin didampingi RIHN, CSEAS, Kyoto University Jepang selaku narasumber Prof. Manabu Yamanaka dan Dr. Osamu Kozan, CSEAS, Kyoto University Jepang, Dr. Mariko Ogawa, PTPSW BPPT selaku Narasumber Dr. Albert Sulaiman, Dr. Arief Darmawan dan Awaluddin, Puslitbang BMKG I Dewa Gede Arya Putra.

Disampaikan Tengku Zainuddin bahwa kebakaran hutan dengan asapnya merupakan salah satu ancaman bencana di Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Bengkalis yang memiliki hutan tropis dengan kedalaman gambut yang cukup besar.

”Maka dari itu kita butuh bantuan untuk mengelola lahan gambut secara berkelanjutan, mengingat api dan asap memiliki korelasi yang kuat dengan atmosfer dan iklim dinamika. Sehingga perlunya memahami korelasi dan keterkaitan antara atmosfer dan lahan gambut untuk penanganan masalah utama bagi pengelolaan kebakaran dan asap gambut ini,” katanya.

Kemudian Tengku Zainuddin juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada ketua beserta segenap civitas akademika dan panitia pelaksana yang telah melaksanakan seminar internasional di STAIN Bengkalis.

“Kami juga mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis khususnya seluruh peserta seminar internasional agar dapat mempelajari, mengidentifikasi dan melakukan perbaikan tata kelola lahan gambut di Kabupaten Bengkalis ini,” tutupnya.

Seminar Internasional diakhiri dengan peresmian radar STAIN untuk perubahan iklim global dan sesi foto bersama.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H Khairul Umam, Babinsa Koramil 01/Bengkalis Peltu Dedek Irwanto, Kasi Ops Satpol PP Bengkalis Syamsul Bahri, Kepala BPBD Kabupaten Bengkalis H Tajul Mudarris, Ketua LAMR Bengkalis Zainuddin Yusuf, Ketua MUI Bengkalis H Amrizal, Perwakilan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis, Ketua STAIN Bengkalis Prof. Dr. H. Samsul Nizar serta segenap civitas akademika, para dosen dan staf STAIN Bengkalis dan para undangan lainnya.(sir)

Ayo Berikan Rating Terbaik pada tulisan ini 🙂


  • Bagikan
DomaiNesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

//nessainy.net/4/3802902