oleh

Akun Exploresiak,Mendapat Penghargaan Dari Bupati Siak

SIAK,Mandiripos.com-Musrahmad, yang biasa di panggil Igun, Februari lalu membuat akun instagram tentang wisata di kabupaten Siak. Exploresiak, itulah nama akunnya, yang belakgangan ini sudah cukup dikenal orang banyak.

 

Tujuan kami membuat akun exploresiak adalah untuk mengexplorasi segala potensi yang ada di Siak baik budaya, sejarah, alam dan manusia. Salah satu fokus exploresiak juga mempromosikan pariwisata dan ikut mendukung pengembangan potensi pariwisata baru, jelas Igun kepada Humas Siak, beberapa waktu yang lalu.

 

Exploresiak ada karena kami sadar kata Igun, bahwa promosi pariwisata yang paling efektif dan murah adalah melalui media digital. Promosi secara digital 4 kali lipat lebih efektif dari pada promosi konvensional, imbuhnya.

Saat ini perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi yang terus meningkat membuat jumlah pengguna internet semakin tinggi di seluruh dunia setiap tahunnya, tak terkecuali Indonesia. Selain facebook, twitter, youtube, path, line, dan BBM yang menjadi media sosial favorit masyarakat Indonesia,  termasuk instagram.

 

Menurut pria kelahiran 1981 itu, dengan jumlah pengguna yang terus meningkat, instagram menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis dalam melakukan kegiatan promosi.

 

Biasanya, sebelum berkunjung ke suatu destinasi wisata, sebagian besar wisatawan pasti lebih dahulu browsing di internet, untuk mencari informasi tentang daerah yang bakal dikunjungi, baik itu info soal harga dan fasilitas hotel, restauran, obyek wisata, seni budaya, kuliner, serta tentu saja faktor keamanannya, terang ayah dua anak ini.

 

Fenomena ini lanjut dia, tentu harus bisa ditangkap oleh para pengelola travel agent dan pengelola jasa wisata lainnya, agar dalam mengisi konten website-nya sekaligus juga menyertakan review-review dari para tamu atau wisatawan yang pernah menggunakan jasanya.

 

Setelah berjalan beberapa waktu, Igun mengajak anak-anak muda lainnya untuk bergabung kedalam exploresiak. Telah banyak objek-objek wisata yang mereka unggah, dan saat ini pengikut akun exploresiak sudah mencapai 17.500 orang. Sekarang sedanga menyiapkan website yang bisa menjelaskan segala sesuatu tentang Siak lebih rinci dan lengkap.

Harapan exploresiak adalah, Siak harus jadi kota tujuan pariwisata utama di Riau dan itu bisa terwujud salah satunya jika pemerintah dan komunitas bisa bersinergi, jika pemerintah bisa lebih memberi ruang gerak utk anak mudanya, serta percaya anak mudanya memiliki kemampuan, sehingga anak mudanya juga percaya diri untuk berbuat lebih banyak.

 

Yudha Suyudana, salah seorang anggota exploressiak mengatakan, pengalaman menarik yang bikin senang adalah bisa menemani wisatawan ke Siak dan mereka senang dengan Siak. Bisa bertemu banyak kawan baru dan datang ketempat yang jarang orang sampai di Siak. Sementara yang bikin capek adalah, menjawab pertanyaan yang jawabannya udah dijelaskan, kemudian ada follower menanyakan hal yang  tidak berhubungan dengan Siak, selagi masih bisa dijawab maka akan kami jawab.

 

Kami (exploresiak) menawarkan kepada wisatawan yang ingin berkunjung ke Siak, akan kami antar menyusuri kota Siak secara gratis. Diantaranya, rombongan anak-anak sekolah dari Pekanbaru, mahasiswa serta ikatan wanita Bank (IWABA) Pekanbaru, kami ajak berkeliling, ungkap  Yudha.

 

Yudha menambahkan, pada umumnya wisatawan yang mereka bawa mengaku cukup puas dengan pelayanan kami, dan juga senang selama berada diSiak, suka dengan kulinernya, menikmati setiap sudut kota Siak yang tanpa sampah hingga keramahan masyarakat Siak.

 

Apa yang mereka lakukan untuk memajukan pariwisata kabupaten Siak, mendapat apresiasi dari Bupati Siak Syamsuar. Pada puncak peringatan hari jadi kabupaten Siak ke-18 kemarin, Yudha mewakili exploressiak menerima penghargaan dari Bupati Siak sebagai pelopor promosi wisata melalui media sosial.

 

Saya bangga memiliki anak-anak muda yang kreatif seperti mereka, jadi wajar kalau Pemkab Siak memberikan penghargaan, ujar Syamsuar usai upacara HUT Kab. Siak, kemarin.

 

Menurutnya, pengembangan wisata di Siak tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi harus melibatkan banyak pihak. Karena itu, kami tak henti-henti berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, yang secara intens mendukung pengembangan kepariwisataan melalui berbagai kegiatan yang digelar di Siak, promosi diluar daerah bahkan keluar negeri, cakap Syamsuar.(rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

loading...

News Feed