Ajang MTQ Ke-XV Rohil “Wujudkan Generasi Muda Islami “

Share:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

ROHIL,Mandiripos.com- Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XV Tingkat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) merupakan komitmen pemerintah daerah kabupaten Rohil dalam menciptakan generasi muda bermental islami.

“Pelaaksanaan MTQ setiap tahunnya selalu menjadi daya tarik di tengah-tengah masyarakat dan merupakan salah satu sarana media dakwah MTQ juga merupakan salah satu penyambung silaturahmi antara kaum muslimin dari berbagai golongam dan daerah yang ada di Rohil, ” kata Bupati Rohil H Suyatno, saat acara pembukaan MTQ ke XV Rohil, Bulan Agustus 2018, Kemarin.

Bupati juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar menyemarakkan perhelatan MTQ terutama seluruh OPD untuk dapat mengerahkan anggotanya untuk memeriahkan arena MTQ tersebut. Yang mana MTQ merupakan salah satu sarana dalam membentuk sumber daya manusia yang tangguh dan memiliki daya saing serta berahlak mulia.

“Pada pelaksanaan MTQ ini saya sangat berharap betul ninkepada pimpinan OPD untuk dapat mengerahkan anggotanya agar dapat hadir setiap malam diarena MTQ ini sehingga arena tidak kososng, kalau perlu dibuat absensinya,” pinta bupati.  

Ketua panitia MTQ ke-XV Rohil, Fery H.Parya dalam laporannya menyampaiakan bahwa pelaksanaan MTQ ke- XV ini untuk menumbuh  kembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alquran serta utnuk menjalin ukhuwah islamiah.

MTQ ini dilaksanankan mulai tanggal 27 Agustus hingga 1 September 2018 yang diikuti 18 kafilah dari seluruh Kecamatan yang ada di Rohil. “Adapun jumlah peserta MTQ sebanyak 417 serta 126 official yang dipondokkan di rumah-rumah masyarakat yang ada di Bagansiapiapi,” katanya.

Lanjutnya, adapun cabang-cabang yang dipertandingkan adalah cabang tilawah yang akan dilaksanakan di Taman Budaya batu enam, cabang Tartil Quran dan cacat netra di Masjid Khairiyah, untuk cabang Tafsir dan hifzil Qulran di Masjid Raya Al-Ikhsan, cabang fahmil dan syarhil Quran digedung LAM, untuk cabang Khotil Qurtil di Madrasah Aliyah Negeri Bagansiapiapi dan cabang MNNQ di Kampus UNRI cabang Rohil Batu Enam,” jelas Ferry.

Sementara itu Asisten 1 Bidang Pemerintahan Propinsi Riau, Ahmad Syah Harrofie menyebutkan, Pemprov Riau menyampaikan tahniah atas terlaksananya pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Rohil yang ke XV Tahun 2018.

“Malam ini Rohil merupakan Kabupaten ke-9 yang telah melaksanakan pembukaan MTQ tingkat Kabupaten, dan pemprov Riau menyampaikan tahniah dan selamat kepada LPTQ Kabupaten Rohil, dimana perhelatan MTQ tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Medan Sumatera Utara dari Rohil 8 peserta mewakili Riau terutama di Cabang Kaligrafi,” Kata Ahmad Syah ūHarrofie.

Lanjutnya, kita harapkan peserta asal Rohil ini dapat mengangkat nama Riau terutama dalam bidang kaligrafi. Ia juga menyebutkan, Rohil merupakan salah satu Kabupaten sentra pembina qori dan qoriah yang memiliki kwalitas melalui LPTQ.

Selain itu, Suyatno juga meminta kepada para majelis hakim agar dapat menjalankan tugasnya secara profesional sesuai dengan sumpah yang telah diucapkan. Untuk itu ia sudah menegaskan kepada para Camat maupun dewan hakim dan panitia untuk tidak mengambil peserta orang luar.

“Untuk para peserta qori-qoriah, saya sudah tegaskan tadi agar tidak mencari orang luar. Putra-putri kita banyak untuk bidang qori-qoriahnya, bila nanti ada kedapatan dari luar pesertanya, itu nanti akan kita serahkan kepada panitia atau dewan hakim agar di dish,” pesannya.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mengelar malam Ta’aruf sekaligus mengukuhkan dewan hakim dan majelis hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke XV tingkat Kabupaten Rohil, Sabtu (25/8/2018), Bagansiapiapi. 

Pengukuhan dewan dan majelis hakim langsung dilakukan Wakil Bupati Rohil Jamiludin dihadiri asisten pemerintahan Pemprov Riau Ahmad Syahrofi, Sekda Rohil Surya Arfan, Kasi Intel Kajari Rohil Farkhan Junaedi, Forkopimda serta para Kafilah. 

MTQ ke XV tingkat Kabupaten Rohil kali ini bertemakan “Dengan MTQ ke XV tingkat Kabupaten Rohil tahun 2018 kita bangun insan yang beriman, bertakwa dan berbudi luhur”.

Dalam putusan yang di tetapkan Bupati Rohil Suyatno, Dewan hakim di ketua H Fery Farya dan sebagai wakil ketua Agustiar dan Syafrudin. 

Gubernur Riau yang di wakili asisten pemerintahan sekaligus ketua LPTQ Provinsin Riau Ahmad Syahrofi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada dewan hakim dan majelis hakim serta seluruh perangkat yang baru saja di kukuhkan. 

Syahrofi menyebutkan, bagi dewan serta majelis hakim tentu integritas di pertaruhkan dalam melakukan tugasnya. Ia menegaskan hilangkan rasa suka tak suka berada pada posisi hakim dan dewan hakim yang memutuskan siapa yang berhak.”Siapapun nantinya yang terpilih mewakili kabupaten ke tingkat provinsi itulah yang terbaik,” katanya. 

Terkait persoalan transfer qori dan qoriah yang terjadi selama ini, sudah dilakukan perobahan yamg signifikan. Sejak tahun 2017 lanjutnya, sudah mulai diterapkan bahwa tidak di izinkan bagi daerah untuk merekrut qori dan qoriah dari luar daerah. “Anak-anak kampung kita lebih mampu dari pada anak kota, semua tergantung kemauan kita dalam menbinanya, “sebutnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Jamiludin dalam sambutannya menjelaskan, dewan hakim dan majelis hakim yang baru dilantik dan di kukuhkan memiliki peran yang cukup strategis.

Selain itu, juga mengemban tanggungjawab moral yang sangat besar, karena dalam memberikan penilaian, tidak hanya menentukan siapa yang akan menjadi pemenang pada pelaksanaan MTQ Ke-XV Tahun 2018.

“Akan tetapi harus pula mampu menentukan siapa yang terbaik yang akan menjadi Duta Kabupaten Rokan Hilir pada perhelatan MTQ Tingkat Provinsi Riau nantinya,” kata wabup.

Ia berharap, citra positif para dewan hakim yang telah terbangun selama ini perlu dipertahankan, sehingga setiap tahapan dan proses yang telah dibangun secara profesionalisme, akan memberikan hasil yang positif dan dapat membanggakan buat semua.

KUBU BABUSSALAM JUARA UMUM

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XV tingkat Kabupaten Rokan Hilir telah usai dan Kecamatan Kubu Babussalam meraih juara umum yang sebelumnya dipegang kecamatan Kubu.

Helat akbar tersebut ditutup Wakil Bupati Rohil Jamiludin, dan dihadiri Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi, Kajari Rohil Gaos Wicaksono, Sekretaris Daerah, Surya Arfan, Anggota DPRD Rohil Abu Khoiri, Habib Nur, Para Asisten, Kepala Dinas, Badan, Camat se Rohil, para tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, wabup menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang dalam perlombaan MTQ yang telah selesai di laksanakan. Dirinya mengingatkan kepada para peserta yang belum beruntung untuk tetap semangat serta berusaha lebih keras lagi.

“Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang, mudah-mudahan kedepan dapat di pertahankan. Bagi yang belum meraih bukan lah suatu kegagalan, hanya kesukaan yang masih tertunda,” sebutnya

Jamiludin juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para camat serta seluruh panitia yang telah sukses dalam melaksanakan perhelatan MTQ ke lV tingkat Kabupaten Rohil. 

Di akhir acara juga dilakukan penyerahan piala kepada semua pemenang berbagai macam perlombaan yang di selenggarakan. 

Pada kesempatan itu, dewan juri mengumumkan peraih  juara ke ll di oleh Kecamatan Kubu kemudian juara ke III di tempati oleh Kecamatan Bagan Sinembah.

Selanjutnya, diposisi ke empat di raih kecamatan Simpang Kanan, juara ke lima kecamatan Tanah Putih, juara ke enam kecamatan Rantau Kopar, dan juara ke tujuh kecamatan Balai Jaya, juara ke delapan kecamatan Pujud, juara ke sembilan kecamatan Rimba Melintang serta juara ke sepuluh kecamatan Pasir Limau Kapas. 

Penyerahan piala bergilir langsung wakil bupati kepada camat kubu babussalam yang di dampingi Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi, Kajari Rohil Gaos Wicaksono anggota DPRD Abu Khoiri.(adv humas)

Ajang MTQ Ke-XV Rohil “Wujudkan Generasi Muda Islami “ | Admin Mandiripos | 4.5

Berita Lainnya

Kirim Komentar