oleh

6 Sekolah Ini Lakukan Deklarasi Sekolah Ramah Anak

KANDIS,Mandiripos.com-Sebanyak 6 sekolah di Kecamatan Kandis Kabupaten Siam telah melakukan deklarasi sekolah ramah anak. Acara deklarasi ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Korwilcam P & K Kecamatan Kandis pada Selasa (12/3). Acara deklarasi ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Siak melalui Kabid PAUD Dan Diksar Supriadi, kepala Korwilcam P & K Kandis Syuyanto S.Pd, dan sejumlah kepala sekolah serta tamu undangan.

Keenam sekolah yang membuat deklarasi tersebut diantaranya SDN 01 Telaga Sam-Sam, SDN 02 Kandis Kota, SDN 03 Kandis, SDN 05 Sam-Sam, SDN 09 Belutu, SMPN 04 Kandis. Deklarasi Sekolah Ramah anak ini merupakan komitmen nyata yang akan dilakukan dengan baik.

Menurut Ketua Panitia Pelaksanaan Deklarasi Sekolah Ramah Anak yang juga merupakan Kepala SDN 09 Belutu Damris S.Pd Selasa (12/3) mengatakan dengan adanya deklarasi sekolah ramah anak tersebut, dapat di implementasikan di rumah.

“Sebenarnya program srkolah ramah anak bukanlah program jenis baru dalam pendidikan. Program Sekolah ramah anak, pada tahun 2013 dikenalkan di Indonesia sebagai sebuah konsep pendidikan yang ideal diberikan pada anak usia sekolah. Pada sekolah ramah anak, pendidikan berpusat pada diri sang anak. Proses belajar mesti didukung oleh keadaan sosial, fisik dan emosional yang positif, sehat juga aman. Kita ingin konsep sekolah anak ini dapat juga di implementasikan nilai-nilainya dirumah. Tentunya kerja sama sekolah dan orang tua sangat perlu dikuatkan,”katanya saat menjelaskan.

Hal yang hampir sama juga disampaikan oleh Kepala SDN 05 Sam-Sam yang juga Ketua PGRI Kecamatan Kandis Rosli S.Ag. Menurutnya program ramah anak harus dapat diterapkan sebagai upaya membentuk karakter anak yang memiliki jiwa dan mental yang baik.

“Program sekolah ramah anak ini bagaimana sitausi dibuat kondusif untuk mendukung proses belajar anak. Misalnya dengan membentuk civitas akademika yang berorientasi akademis namun tetap humanis. Dan efeknya adalah secara tak langsung membentuk karakter yang baik buat si anak didik itu sendiri,” katanya.

Kepala Korwilcam P & K Kecamatan Kandis Syuyanto S.Pd berharap, program yang sudah dideklarasikan ini, dapat berjalan sesuai dengan aturan dan dapat membawa nilai-nilai positif bagi siswa-siswi di sekolah.

“Kita pada dasarnya mendukung penuh program ini. Sebab ini sebuah program yang dapat meningkatkan nilai-nilai positif dalam pembentukan karakter anak didik. Dan juga melalui program ini diharapkan mampu menjadikan pendidikan lebih baik,” ucapnya.(BN)

Komentar

Tinggalkan Balasan