oleh

56 orang di Bagan Sinembah positif HIV AIDS

Baganbatu , Mandiri pos — Jumlah penderita penyakit akibat terinfeksi virus  HIV AIDS di  Wilayah  Bagan Sinembah  tertinggi Di Rohil  dan masuk kategori peringkat pertama di Kabupaten Rokan Hilir hal ini seperti ini disampaikan Kepala UPT Puskesmas Bagan Batu dr. Josafat S. saat ditemui awak media ini di Puskesmas Bagan Batu, Jum’at 13/10/2017.

 

“(Jumlah penderita HIV AIDS di Bagan Sinembah) hampir  mencapai 56 orang (yang terdata di puskesmas Bagan Batu…) dan jumlah ini tertinggi di kabupaten Rokan Hilir, ”

Namun demikian kata Josafat  angka penderita HIV AIDS seperti tersebut di atas  tidak tertutup kemungkinan jumlahnya bisa lebih dari yang disebut di atas, “itu (jumlahnya) bisa lebih, “ujar Josafat.

 

Adapun penularan HIV AIDS tersebut di atas kata Josafat terbanyak dari hubungan seksual, dan terbanyak berusia dewasa,

 

“ada satu orang mengaku tertular dari  jarum suntik akibat penggunaan narkoba, anak-anak yang positif HIV AIDS ada 2 dan setelah kami periksa, ibunya juga positif (terinfeksi virus HIV AIDS), “katanya.

 

Kemudian daripada itu sambung Josafat untuk mengantisipasi penyebaran seperti tersebut di atas , ianya menghimbau kepada masyarakat untuk memeriksakan  sejak dini sebagai langkah antisipasi,

 

“pencegahan (pemeriksaan)  pada perempuan usia produktif antara 15 sampai 39 tahun, pencegahan (pemeriksaan) kepada ibu hamil dan bayinya dan sekarang setiap ibu hamil wajib periksa HIV AIDS, Sipilis, hepatitis, menjaga pola hidup yang sehat setia kepada pasangan dan tidak berganti-ganti pasangan, “himbaunya.

 

Data yang diperoleh menyebutkan bahwa penyebaran virus HIV AIDS sudah kian mengkhawatirkan dihitung tiap kecamatan, untuk Kabupaten Rokan Hilir (Bagan Sinembah) masuk urutan keempat disusul Bengkalis ( Mandau) urutan ketiga,  Dumai urutan kedua, dan urutan pertama tertinggi penyebaran HIV AIDS adalah kota Pekan Baru. (Ind)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

loading...

News Feed