oleh

3 Hal Ini Bagian Yang Menjadi Dasar SMKN 2 Diperjuangkan

KANDIS,Mandiripos.com-Rencana akan dibangunya SMKN 2 Kandis yang akan berada di Pasar Minggu Kandis memiliki latar belakang yang panjang. Selain dari keinginan warga dan juga masyarakat, juga perjuangan pemerintah Kecamatan Kandis ke tingkat Kabupaten, hingga ke Pemerintah Provinsi Riau. Berangkat dari adanya sekolah pendukung seperi SMP/MTS di Kelurahan Kandis Kota juga mrupakan faktor penting adanya SMKN 2 Kandis tersebut.

Ditambah lagi, tak bisa dipungkiri, adanya peran Wakil Ketua DPRD Kabupaten Siak Hendri Pangaribuan SH yang mengawal terus hal ini bersama Karmen Sitorus selaku penghibah tanah yang dengan ikhlas menghibahkan tanahnya demi kepeduliannya dengan pendidikan. Selain itu, peran serta Firdaus M.Pd yang saat ini merupakan Kepala SMAN 3 Kandis yang sudah 3 kali berhasil mengiring dana APBN di Kecamatan Kandis.

Berikut 3 Hal yang melatarbelakangi perlunya SMKN 2 Kandis dianggap penting dibangun. Ini wawancara Eksklusif media ini bersama Firdaus M.Pd.

  1. Apa yang melatarbelakangi perlunya dibangun SMK N 2 ini?

“Berawal dari sering terjadinya kisruh setiap penerimaan siswa baru (PSB) pada awal tahun pembelajaran yang mengakibatkan banyaknya siswa tamatan SMP sederajat yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMA dan SMK yang tidak bisa diterima oleh sekolah SMA dan SMK yang ada di Kecamatan Kandis. Maka masyarakat Kandis Kota yang berpenduduk lebih kurang 14.000 jiwa, merasa selalu dianak tirikan ketika anak-anak mereka ingin melanjutkan pendidikan di SMK. Maka para tokoh dan Pemerintah Kecamatan Kandis mengambil inisiatif untuk memaksimalkan pelayanan pendidikan yang adil dan merata untuk semua masyarakat di Kecamatan Kandis. Maka solusi terbaik yang diambil adalah mendirikan sekolah baru. Dengan demikian, diharapkan dengan berdirinya SMKN 2 Kandis ini, akan dapat mengatasi persoalan-persoalan PPDB di Kecamatan Kandis khususnya dan di provinsi Riau pada umumnya pada tahun tahun mendatang. Hal ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat yang menerapkan penerimaan siswa baru pada sekolah negeri berdasarkan zonasi tempat tinggal dari calon siswa tersebut,”jelasnya.

  1. Apa harapannya dengan adanya dengan SMKN 2 Kandis nanti?

“Diharapkan dengan adanya SMKN 2 Kandis ini dapat menjadi jembatan bagi anak-anak bangsa yang ada di Kecamatan Kandis dan sekitarnya, untuk mengapai cita-citanya sesuai dengan bakat dan potensi diri yang dimiliki oleh siswa tersebut. Apalagi SMKN 2 Kandis ini akan membuka jurusan yang belum ada sebelumnya di SMK-SMK yang ada di Kecamatan Kandis saat ini. Diharapkan dengan banyaknya aneka ragam pilihan jurusan SMK yang ada di Kecamatan Kandis setelah mereka menyelesaikan pendidikannya di SMK dapat lansung mengisi lowongan pekerjaan yang ada. Baik di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak khususnya maupun di provinsi Riau pada umumnya,” ujar lelaki yang saat ini menjabat sebagai Kepala SMAN 3 Kandis ini.

  1. Sejauh ini repon Dinas Pendidikan Provinsi Riau terkait hal ini?

“Sejauh ini setelah beberapa kali melakukan pertemuan dengan pihak Dinas Pendidikan provinsi Riau, pada dasarnya Dinas Pendidikan Riau tidak berkebaratan dan mendukung upaya pendirian SMKN 2 Kandis ini. Dan malahan mereka merespon serta memberikan dukungan dan melakukan kerja sama yang baik dalam upaya pendirian SMKN 2 Kandis ini,” pungkasnya.

Semoga dengan adanya pembangunan SMKN 2 Kandis nantinya, mampu menjadi solusi atas masalah PSB yang selama ini banyak memiliki kelamaham dengan sistem zonasi. Diduga dengan adanya sistem zonasi ini, sejumlah siswa-siswi berprestasi pun harus gigit jari untuk bisa masuk di sekolah favorit hanya akibat dari zonasi.(BN)

Komentar

Tinggalkan Balasan